Dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMPA) Universitas Sebelas Mater (UNS) menyelenggarakan kegiatan bertema selamatkan bumi. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat (20 April 2018) diawali dengan bersepeda keliling kampus dengan mengambil start dan finish di halaman parkir FMIPA. Sepeda keliling kampus yang diikuti oleh Pimpinan, staf dan mahasiswa ini sebagai bentuk kepedulian menjaga lingkungan dari polusi udara.

Selesai bersepeda dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolik dari Dekan FMIPA kepada Kelompok Studi Mahasiswa Enviro untuk ditanam di lingkungan kampus sebagai wujud kepedulian akan penghijauan. Disamping itu juga diserahkan bibit ikan untuk ditebar di danau UNS.

Dalam sambutannya Dekan FMIPA Pof. Ir. Ari Handono Ramelan berharap agar kegiatan semacam ini bisa berlangsung rutin tidak hanya dalam rangka memperingati hari bumi saja.

Aksi bersepeda keliling kampus oleh pimpinan fakultas, wakil dekan dan kepala program studi diikuti oleh sivits akademikan FMIPA dalam rangka memperingati hari bumi Jumat (20/4/2018)

“Saya berharap kegiatan bersepeda dan menjaga lingkungan bisa berlangsung kontinu dan rutin, sehingga lingkungan sehat dan tanpa polusi,” ujar Prof. Ari.

Disamping kegiatan diatas, juga berlangung kegiatan kerja bakti yang melibatkan dosen, karyawan dan mahasiswa. Diharapkan dari kerja bakti ini akan menimbulkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan melalui beberapa media seperti stiker, spanduk dan media social juga dikampanyekan betapa pentingnya menjaga bumi. Di lingkugan kampus juga dipasang beberapa tanda atau tulisan seperti ‘Mari Hijaukan Bumi’, ‘Aku Cinta Lingkungan Hidup’, ‘Save Earth’ dan lain sebagainya yang kesemuanya itu sebagai bentuk kepedulian menjaga kelestarian bumi.

Beberapa himbauan juga disampaikan, diantaranya adalah himbauan kepada masayarakat kampus untuk tidak mengkonsumsi air minum kemasan, pergi ke kampus dengan bersepeda, serta mematikan smartphone selama 2 jam. [Mnr]

Komentar

Shares