Dalam rangkaian acara Festival Sastra (Fesas) 2021 Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Sastra Indonesia (Kemasindo) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS, mengadakan webinar nasional bertajuk Antara Manusia, Wabah, dan Sastra secara daring melalui platform Zoom Meeting pada Sabtu pagi (25/09/2021). Fesas tahun ini menghadirkan dua narasumber yang sudah tidak asing lagi sepak terjangnya diranah sastra dan kebudayaan nasional, yaitu budayawan Sujiwo Tejo dan penulis buku Alkudus  Asef Saeful Anwar.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A. Fesas 2021 diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa dan khalayak umum tentang wabah dan sastra. “Webinar ini merupakan acara yang sangat kreatif dengan menghadirkan dua narasumber yang dapat membagikan berbagai pengalaman di bidang keterkaitan antara manusia, wabah, dan sastra” ujarnya.

Sujiwo Tejo mengawali diskusi dengan sangat  menarik, kharisma dan pesona Presiden Republik Jancukers ini nampaknya membius semua peserta wenbinar dengan pembahasan terkait wabah intoleransi dan proses kreatif sastrawan mengenai wabah dalam kacamata sastra. “Wabah yang dimaksud di sini bukan hanya seputar Covid-19 atau yang berkaitan dengan medis saja, melainkan juga wabah sosial yang terjadi di dekat kita tanpa disadari” paparnya.

Sebagai narasumber kedua, Asef Saeful Anwar membahas adanya dampak dari wabah terhadap sastrawan akademisi serta proses kreatifnya. “Akademisi semakin berkontribusi dengan pendidikan dan penelitian yang mengacu ke topik wabah, tetapi perhatian tersebut ditaruh secara berlebihan pada ilmu bidang kesehatan. Sayangnya, bidang humaniora masih minim perhatian meskipun sudah banyak penelitiannya” ungkapnya.

Webinar ini diikuti oleh 140 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiwa Sastra Indonesia lintas angkatan, dosen, dan kalangan umum. Antusiasme peserta terhadap materi yang diberikan pembicara membuat webinar kali ini berjalan dengan menarik. Selain webinar Fesas 2021 yang diselenggarakan guna menyambut bulan bahasa ini juga mengadakan beberapa kompetisi. Misalnya, menulis puisi, cerpen, dan esai. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/news/presiden-republik-jancukers-ramaikan-webinar-fesas-hmp-kemasindo-sastra-indonesia-fib-uns