Lima mahasiswa program studi Teknik Industri baru saja mencicipi bagaimana rasanya magang di negeri Paman Sam, tepatnya Fadhilah Al Karimah, Iqbal Wahyu Saputra, Anida Norma Cahyati, Niimas Ayu Frensilia, dan Sarah Putri Aprilia baru saja menyelesaikan program internship selama 3 minggu di Lawrence Technological University yang berada di Michigan, USA mulai tanggal 12 September 2018 hingga 3 Oktober 2018.

Awalnya program ini tercipta dari langkah program studi Teknik Industri yang selaras dengan visi Universitas Sebelas Maret untuk mewujudkan World Class University dengan mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota IEOM (Industrial Engineering and Operational Management) Society Student Chapter pada awal tahun 2018, yang kemudian pada tanggal 9 Maret 2018 diresmikan oleh Executive Director IEOM Society Dr. Ahad Ali, PhD yang juga merupakan Director Bachelor Science Degree of Industrial Engineering Lawrence Technological University, dalam pertemuan tersebut menghasilkan kerja sama antara Teknik Industri UNS dan Lawrence Technological University salah satunya adalah program internship ini. IEOM Society Student Chapter sendiri diharapkan dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk go-international.

Selama 3 minggu, program ini terdiri dari beberapa aktivitas diantaranya mini project untuk para peserta, mengikuti aktivitas akademika di Lawrence Technological University mulai dari kuliah, praktikum dan juga mempelajari budaya budaya yang ada di universitas dan daerah Michigan itu sendiri. Selama program ini mahasiswa dibimbing oleh Dr. Ahad Ali, PhD dan Prof. Don M. Reimer. Luaran dari program ini selain untuk meningkatkan knowledge dan pengalaman mahasiswa diharapkan dapat menjadi informasi sehingga menjadi masukan untuk program studi Teknik Industri.

Mahasiswa peserta program ini mengaku sangat senang dan merasa pengalaman ini berkesan di hati, baik itu pengalaman baik atau buruk, karena keduanya dapat menjadi pelajaran kedepannya. Menurut Anida, “Program ini sangat menambah pengalaman dan tentunya keberanian, bayangkan saja pergi ke belahan bumi lainnya, namun saya sangat bersyukur dapat mengikuti program ini, apabila diizinkan saya akan mengikuti program ini lagi tahun depan hehehe”. 3 dari 5 mahasiswa yang mengikuti program ini dibiayai penuh oleh pihak universitas melalui UNS Global Challenge, yaitu program pembiayaan bagi mahasiswa untuk program-program di luar negeri sebagai langkah UNS menuju World Class University.

Pihak Lawrence Technological University pun berkesan dan cukup puas dengan hasil kegiatan internship ini, dan sedang mengevaluasi program tahun ini guna mempersiapkan program serupa untuk dilaksanakan di tahun depan. Dr. Wahyudi Sutopo, S.T.,M.Si selaku Kepala Program Studi Teknik Industri UNS, menyatakan bahwa program internship ini merupakan bagian dari kontribusi program studi Teknik Industri UNS untuk meningkatkan kualitas lulusan yang berorientasi pada standar internasional.

Contact Person:

Fadhilah Al Karimah  : 081228558266

Iqbal Wahyu Saputra  : 081336688425

Anida Norma Cahyati : 081327220739

Niimas Ayu Frensilia : 081542380669

Sarah Putri Aprilia      : 082324083660

Komentar

Shares