Tim Asesor ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA) memberikan apresiasi kepada Universitas Sebelas Maret (UNS), khususnya kepada empat program studi (prodi) di UNS yang telah divisitasi selama tiga hari, 24-26 Juni 2019.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, MS kepada tim humas dan media usai closing meeting, Rabu, 26/6/2019 di Gedung dr. Prakosa UNS.

Dari hasil visitasi, Prof Yunus sangat optimis, UNS segera akan mendapatkan sertifikasi AUN QA untuk keempat prodi yang divisitasi tahun ini.

“Ini adalah kali kedua UNS memperoleh pengakuan internasional dari sebuah lembaga akreditasi di tingkat ASEAN sehingga UNS mampu sejajar dengan beberapa prodi di perguruan tinggi lainnya yang maju ditingkat ASEAN” jelas Prof. Yunus.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tim melihat masih ada beberapa kekurangan yang perlu untuk segera diperbaiki. Namun secara keseluruhan hasilnya baik.

Prof. Yunus mengucapkan selamat kepada empat program studi yakni S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Hukum, S1 Pendidikan Luar Biasa dan S1 Agribisnis, yang telah menjalankan serangkaian aktitivitas dalam rangka Visitasi AUN QA, terlebih kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang telah mengkoordinir seluruh prosesnya.

Visitasi AUN di UNS yang telah berlangsung selama tiga hari ini adalah untuk kali kedua setelah sebelumya di tahun 2018, empat prodi di UNS lainnya yakni Prodi S1 Manajemen, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil dan S1 Biologi divisitasi dan telah berhasil memperoleh sertifikat AUN QA.

Kedatangan Tim Asesor, Senin, 24/6/2019 disambut oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum dan seluruh jajaran Rektorat, Dekanat dan Tim Self-Assesment Report (SAR) dari Empat Prodi, diiringi dengan Tarian Gambyong.
Usai opening meeting di hari pertama, Asesor melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas di UNS, diantaranya Perpustakaan, International Office, Taiwan Centre, Museum UNS, Medical Centre, Pusbangnis UNS, RS UNS, perpustakaan dan medical center UNS dengan menggunakan bis kampus.

Aktifitas visitasi berikutnya tersentral di FEB UNS. Assessment untuk masing-masing prodi dilakukan oleh 2 orang asesor, yakni Mr. Johnson Ong Chee Bin dan Prof. Dr, Aleth Therese L. Dacanay sebagai asesor Prodi S1 Ekonomi Pembangunan ; Prof.Dr.Suzeini Binti Abd Halim dan Mrs. Siriluck Kiewkong sebagai asesor di Prodi S 1 Hukum, Assoc. Prof.Dr Kamulwan Lueprasert dan Prof. Dr. Irfan Naufal Umar sebagai asseor di Prodi S1 Pendidikan Luar Biasa; Assoc. Prof. Dr. Amalina M. Afifi dan Asst. Prof. Dr. Thasaneeya Ratanaroutai Nopparatjamjomras, sebagai asesor Prodi S1 Agribisnis. Tim didampingi oleh Korn Ratagosoom sebagai sekretaris AUN QA.

Audiensi oleh Tim Asesor secara berturut-turut dilakukan kepada pimpinan fakultas, tim SAR, tenaga pendidik, staf, mahasiswa dan pengguna. Selanjutnya tim melakukan survei ke lapangan.

Di FEB UNS, ruang yang dikunjungi diantaranya Ruang Unit Kegiatan Mahasiswa, Ruang Internship and Career Development Center, Laboratorium Komputer, Laboratorium Simulasi Perbankan, Laboratorium Ekspor Impor, Ruang Pelayanan Kuliah, Ruang Galeri Investasi dan Ruang Transit Dosen.

Salah satu asesor, Mr. Johnson Ong Chee Bin saat ditemui media, menyatakan sangat terkesan dengan penyelenggaraan assessment di UNS.
“Sejak awal dari saat kami tiba di bandara dan di tempat assessment, kami disambut dengan bermacam aktifitas seperti tari penyambutan dan proses assessment, pengaturan dokumen, serta logistik diatur dengan baik dan efisien”, Jelas Johnson.

Lebih lanjut ia menceritakan bahwa kampus ini sangat hijau dan sangat menyukai kondisi kampus dengan banyak pohon dan bunga.

Kami juga menemukan sebuah keunikan dari kampus ini yaitu adanya inklusi dari berbagai bangunan keagamaan seperti masjid, pura, wihara dan gereja.

Solo, 26 Juni 2019
Humas FEB UNS

Komentar

Shares