Program Studi Manajemen FEB UNS menggelar sosialisasi sistem pembimbingan skripsi terintegrasi kepada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi di semester Agustus 2019-Januari 2020, Kamis, 5/9/2019 di Aula Gedung V FEB UNS.

Dr. Atmaji, Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 Manajemen FEB UNS mengharapkan dengan sistem pembimbingan terintegrasi ini akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studi dengan cepat.

“Harus ada kerjasama antara pendidik dan yang dididik, agar penyusunan skripsi dapat diselesaikan dalam waktu 6 bulan. Boleh konsultasi seminggu 3 kali, bahkan ada dosen di prodi manajemen yang bersedia membimbing selama penuh dalam seminggu” jelas Dr. Atmaji memberikan semangat kepada mahasiswa, yang diapresiasi dengan riuh tepuk tangan.

Cepatnya penyelesaian studi, tidak hanya untuk kepentingan mahasiswa saja, namun juga memberikan kontribusi bagi fakultas. Tantangan ke depan untuk mempertahankan akreditasi yang telah kita capai akan semakin berat lagi.

Di kesempatan yang sama, Dr. Lilik Wahyudi mensosialisasikan sistem yang telah dibangun Prodi S1 Manajemen dan dapat diaplikasikan langsung untuk mahasiswa.

Sistem ini akan sangat membantu dalam proses penyelesaian skripsi mahasiswa mulai dari penyusunan proposal,pembimbingan, penyusunan skripsi, pengecekan plagiasi dan juga untuk memudahkan mendapatkan referensi yang diperlukan.

“Sistem ini juga sangat bermanfaat sebagai alat pendeteksi perkembangan studi mahasiswa, sehingga permasalahan yang mengakibatkan tersendatnya studi mahasiswa dapat lebih awal dicarikan solusinya” jelas Dr. Lilik Wahyudi.

Lebih lanjut dikatakan, sebelum proposal diajukan ada beberapa syarat di dalam sistem yang akan di atur yakni referensi utama dari jurnal terindeks Scopus Q1 hingga Q3, 5 tahun terakhir serta tema belum pernah digunakan mahasiswa lain.

Pengecekan plagiasi akan mulai diberlakukan pada saat mahasiswa mengajukan seminar proposal agar mahasiswa bisa merevisi lebih dini terhadap konten yang disinyalir terkena unsur plagiasi dan dapat melanjutkan ke proses penyusunan skripsi.

“Pastikan anda terbebas dari plagiasi, karena aturan dari Kemenristekdikti sangat jelas, meski sudah lulus, gelar bisa dicabut jika ditemukan sebagai plagiat” tegasnya

Di sistem yang telah dibangun ini, juga sudah disediakan buku-buku yang sering dipakai, sehingga tidak ada mahasiswa yang beralasan tidak punya bukunya , mahasiswa tinggal mendownload. Untuk meminimalisir plagiasi dan memperkaya referensi bagi mahasiswa, beberapa buku teks yang dianggap penting juga akan ditambahkan dalam sistem.

Dalam forum itu, mahasiswa juga berdiskusi seputar permasalahan yang dihadapi dan ditanggapi langsung oleh para dosen pengampu di masing-masing konsentrasi Prodi S1 manajemen.

Komentar

Shares