Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI bekerja sama dengan FEB UNS gelar seminar dengan tema Peran Penting Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Perekonomian Indonesia, Kamis, 22/11/2018.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Dodok Dwi Handoko, Kasubdit Kekayaan Negara Dipisahkan II Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa.

Goes to Campus merupakan sarana DJKN untuk mengenalkan kepada mahasiswa lebih dekat fungsi dan tugas DJKN.

DJKN memiliki tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang.

Hunik Sri Runing Sawitri, Dekan FEB UNS dalam pembukaannya berharap kegiatan ini memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang kekayaan negara dan juga peran DJKN.

“Dengan pemahamannya, mahasiswa sebagai generasi penerus akan memiliki kepedulian untuk turut memelihara dan mengawasi pengelolaan kekayaan negara untuk keberlangsungan negeri ini” jelasnya.

Sementara itu, Dodok di awal presentasinya, menjelaskan apa dan bagaimana kekayaan negara dikelola.

Kekayaan negara merupakan semua bentuk kekayaan hayati dan non hayati berupa benda berwujud maupun tidak berwujud baik bergerak maupun tidak bergerak, yang dikuasai dan/atau dimiliki oleh negara.

DJKN menjalankan mandat dari Kementerian Keuangan RI untuk mengakselerasi bagaimana kekayaan negara dikelola dengan baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memperhatikan aspek keadilan.

Selain pemaparan materi, acara juga diwarnai dengan tanya jawab serta simulasi pelaksanaan lelang barang milik negara. Kegiatan ini disambut antusias oleh para mahasiswa.

Simulasi lelang yang digelar disesi terakhir acara, memberikan suasana lebih meriah, seluruh peserta aktif. Barang yang dilelang merupakan barang yang cukup menarik bagi kalangan mahasiswa diantaranya sepatu, tas, power bank dan barang lainnya.

Yang lebih menggembirakan lagi, usai lelang, dan ketika diumumkan para pemenangya, mereka tidak perlu melakukan pembayaran.

“karena ini hanya contoh lelang, silahkan bawa barangnya, kami berikan gratis” papar Indah, salah satu panitia lelang dari DJKN. Sontak para pemenang lelang bersorak gembira.

Tetri Wahyu – Humas FEB

Komentar

Shares