54 alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti Ujian Seleksi Program Management Trainee (MT) PT Intan Pariwara, Rabu, 24 Februari 2021 di Gedung I FEB UNS.

Kegiatan seleksi program MT bagi lulusan FEB ini merupakan salah satu bentuk kerjasama FEB UNS dengan PT Intan Pariwara. Dari 54 alumni, diantaranya ada yang akan diwisuda di 28 Februari mendatang.

Dalam sambutannya dihadapan Direktur ,Tim Manajemen PT Intan Pariwara serta alumni FEB, Dr. Mugi Harsono, S.E., M.Si, Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FEB UNS menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama diadakan setelah UNS berstatus Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH).

Dr. Mugi berharap agar lulusan FEB memanfaatkan kesempatan seleksi ini dengan sebaik-baiknya. Dan berpesan agar ketika bergabung menjadi bagian dari PT Intan Pariwara untuk selalu menjaga nama baik institusi.

“Jika berhasil dalam seleksi Program MT dan bergabung dengan PT Intan Pariwara, tolong patuhi standar kerja yang telah ditetapkan organisasi di sana, termasuk standar etikanya. Berikan torehan emas untuk FEB UNS” pesan Dr. Mugi.

Sementara itu,  Ir. H. Tomy Utomo Putro, M.M, Direktur PT Intan Pariwara memberikan gambaran tentang alur seleksi dan program MT.

Di masa pandemi ini, PT Intan Pariwara masih tetap eksis dan bahkan  berkembang. Melalui jalur MT, PT memerlukan  tenaga muda yang potensial dan handal untuk menjadi seorang pimpinan. Sebagai calon pemimpin yang mengelola perusahaan, PT Intan Pariwara sangat mengutamakan kejujuran.

Selanjutnya disampaikan, dalam rekrutmen reguler, untuk menjadi seorang manajer, memerlukan waktu lima tahun,  itupun jika prestasinya luar biasa. Namun untuk kerjasama dengan FEB UNS ini, para alumni yang  lolos dalam Program MT, setelah 6 bulan atau 1 tahun dapat langsung menjadi pimpinan, manajer atau setara dengan pimpinan.

Peserta yang berhasil masuk dalam Program MT akan digembleng selama 6 bulan. Jam kerja MT bisa mencapai 12 jam sehari. Setelah seharian dididik,  malam harinya peserta akan diberi tugas untuk dipresentasikan besoknya dan seterusnya demikian. Hal ini untuk melatih kekuatan fisik dan mental para peserta MT sebagai calon pemimpin.

Dikatakannya, dalam seleksi ini, Alumni FEB UNS  mendominasi program MT. Setelah dievaluasi di pelaksanaan program MT, bagi peserta yang kurang memenuhi syarat tidak diberhentikan namun akan dicadangkan untuk yang akan datang atau bisa diterima di tempat lain,  namun tidak sebagai peserta MT.

Dalam program ini, peserta tidak dipungut biaya. Setelah mengikuti tes tertulis di FEB, peserta akan mengikuti tes lanjutan di PT Intan Pariwara dan langsung interview dengan  Board Director.

Usai mendapatkan arahan dari Pimpinan FEB dan juga dari Tim Seleksi PT Intan Pariwara, peserta menuju ruang kelas di Gedung I FEB untuk menjalani ujian tertulis. Kelas yang digunakan telah memenuhi standar protokol kesehatan, berjarak dan bersekat. (Humas FEB)

Komentar