Workshop Penyusunan Referensi pada Artikel Jurnal Menggunakan Aplikasi Endnote

Total
0
Shares

Daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah merupakan hal yang sederhana tapi dalam proses penyusunannya terkadang membuat peneliti kesulitan.  Sehubungan dengan hal ini, Pusat Penelitian dan pengabdian pada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS menyelenggarakan workshop  “Penyusunan Referensi pada Artikel Jurnal Menggunakan Aplikasi Endnote ”, Rabu (18/5/2016) di Ruang Sidang I FEB.

IMG_4188

Kegiatan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa pascasarjana dipandu oleh Muh Juan Suam Toro, pengelola jurnal di FEB. Sebelum memulai acara Muh Juan memaparkan beberapa hal yang menjadi problem dan sering dialami peneliti dalam menuliskan sitasi dan daftar pustaka yaitu: lelah menuliskan daftar pustaka atau kopi paste ulang setiap menulis, malas untuk mensikronkan sitasi di teks dan daftar pustaka, lelah menyeragamkan penulisan daftar pustaka, lupa referensi spesifik pada area riset, ingin memiliki database daftar pustaka pada area riset tertentu, mendayagunakan database yang sama untuk satu riset grup, penerbit/journal menginginkan format referensi yang berbeda. “Problem-problem ini dapat diselesaikan dengan program sitasi dan daftar pustaka. Ada beberapa program otomatisasi penulisan,  diantaranya yang terkenal adalah endnote, mendeley dan zotero. Program otomatisasi lainnya  masih banyak lagi, untuk workshop kali ini akan menggunakan program endnote” papar Muh Juan mengawali workshop.

IMG_4174

Program endnote merupakan program untuk menyusun database referensi, penulisan/penyuntingan sitasi dan referensi. Kelebihan Endnote dari progra m lainnya adalah terintegrasi dengan Microsoft Word seingga dapat dilakukan penulisan/penyuntingan langsung referensi pada artikel/laporan penelitian. Secara otomatis kita bisa mengganti formatnya sesuai dengan keinginan penerbit. Setiap kali menyisipkan sitasi pada teks artikel mengunakan endnote, maka endnote akan otomatis menambahkan referensi lengkap pada bagian akhir artikel (bagian daftar pustaka).

Selama workshop, peserta secara seksama mengikuti arahan yang diinstruksikan oleh Muh Juan tahap demi tahap. Salah satu peserta, Soemarjati, dosen Program Studi Manajemen ketika ditemui seusai workshop menyatakan keinginannya untuk mengetahui secara lebih detail program tersebut dan akan meminta penjelasan lebih lanjut kepada nara sumber diluar acara workshop karena waktu yang hanya 2 jam masih kurang mencukupi.

IMG_4168

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like