Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Webinar A Series of Internasional Class Opening Activities dengan tema “Political Connection and Accounting Research” pada Rabu, 10 November 2021.

Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si, Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FEB UNS dalam sambutannya menyampaikan bahwa topik webinar ini merupakan pilihan yang bagus untuk membentuk mentalitas akademik sebagai peneliti dan juga topik political connection mempunyai sebuah kemenarikan, dan memiliki banyak peminat, serta dapat membuka kesempatan yang luas, khususnya untuk peneliti di bidang akuntansi.

Webinar yang diikuti sekitar 130-an mahasiswa itu menghadirkan narasumber Dr. Effeizal Aswadi Abdul Wahab, dosen Curtin University of Technology, Australia.

“Studi koneksi politik bukanlah hal baru, penelitian ini merupakan katalis penting untuk penelitian koneksi politik lainnya di bidang akuntansi dan meneliti peran koneksi di antara individu-individu teratas melalui kepemilikan silang dan interlock.” Katanya.

“Alasan mengapa begitu penting adalah karena hubungan antara koneksi politik dan kinerja perusahaan (baik dalam ekonomi, sosial, ras, politik).

Peran koneksi politik lebih mendalam dalam mengembangkan ekonomi baru. Juga dapat dilihat sebagai cara lain untuk mengatasi inefisiensi. Politik adalah bagian dari pemerintah atau organisasi karena pemerintahlah yang akan memprakarsai aturan, regulasi pasar modal sehingga mempengaruhi perkembangan pasar modal.” Tegasnya.

Effiezal juga menyampaikan beberapa contoh penerapan political connection di beberapa negara antara lain di Malaysia, Mauritius, Arab Saudi serta Indonesia.

Dia menekankan bahwa political connection di Indonesia masih terpengaruh oleh koneksi militer atau Military Connection yang merupakan salah satu kebijakan politik peninggalan Presiden Soeharto. Artinya peran militer dalam pasar modal dan juga perekonomian di Indonesia masih berpengaruh besar dalam aspek-aspek tersebut.

(Humas FEB)