Surakarta – Dalam masa pandemi Covid-19 yang berdampak meluas di seluruh aspek termasuk dunia Pendidikan, yang membuat seluruh kegiatan yang melibatkan kerumunan orang banyak harus dibatasi dalam rangka pembatasna sosial. Tidak hanya kegiatan belajar mengajar atau kuliah yang dilakukan secara daring selama masa pandemi, tetapi juga kegiatan akreditasi institusi dan prodi tetap harus berjalan meskipun di tengah masa krisis ini. Pada tahun 2020, Universitas Sebelas Maret untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan Visitasi Akreditasi Lapangan secara daring (online) melalui aplikasi zoom untuk Program Studi S3 Ilmu Pertanian.

Visitasi Akreditasi Lapangan secara Daring (Online) Program Studi Ilmu Doktor (S3) Ilmu Pertanian oleh Asesor BAN PT dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 16- 17 Juli 2020. Asesor yang ditunjuk untuk asessmen Program Studi S3 Ilmu Pertanian adalah Prof. Dr. Ir. M. A Chozin, M.Agr., dari Institut Pertanian Bogor dan asessmen Institusi Pascasarjana oleh Dr. Ir. Sedyo Hartono, M.P., dari Universitas Gadjah Mada. Kegiatan dimulai pada hari Kamis, tanggal 16 Juli 2020, pada pukul 08.00 dengan sambutan oleh Direktur Pascasarjana Universitas Sebelas Maret yaitu Prof. Drs. Sutarno, MSc., Ph.D. Sebagai persiapan dan memudahkan koordinasi, Pimpinan Pengelola Pascasarjana, Program Studi, Tim Penyusun Borang Pengelola, Tim Penyusun Borang PS, beberapa dosen, dan beberapa mahasiswa yang terlibat disediakan ruang khusus di Aula Gedung Pascasarjana Baru Universitas Sebelas Maret untuk dapat mengakses Zoom dengan jaringan internet yang stabil. Meskipun di kumpulkan dalam satu ruangan besar, kegiatan visitasi secara daring tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yaitu memberi jarak 1 meter antar personal.

Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang unit pengelola (Fakultas) dan pihak yang terlibat adalah tim penyusun boring pengelola (3B). Sesi selanjutnya konfirmasi terkait pelaksanaan SPMI, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu.  Para asesor dijelaskan oleh Direktur Pascasarjana terkait dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pascasarjana seperti perpustakaan, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video dan foto. Setelah ishoma, sesi konfirmasi dengan Program Studi yang dipimpin oleh Kepala Program Studi S3 Ilmu Pertanian yaitu Dr. Ir. Supriyadi, M.S. (2019) dan Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc (2020). Setelah asessmen lapangan secara daring pada hari pertama asesmen, kedua asesor melakukan wawancara dengan alumni dan mahasiswa S3 Ilmu Pertanian Pascasarjana Universitas Sebelas Maret pada hari kedua asesmen. Sesi tanya jawab terkait dengan borang Program Studi S3 Ilmu Pertanian diakhiri pada pukul 11.00 hari Jumat 17 Juli 2020. Dilanjutkan mulai pukul 13.30 untuk pembuatan berita acara. Asesmen dilanjutkan dan asesor memberikan review dan berita acara terkait dengan asessmen lapangan. Hasil visitasi dapat diketahui kurang lebih 2 bulan sejak asessmen lapangan.

Komentar