Berita Fakultas Ilmu Budaya

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar beri, Pembekalan Nilai-Nilai Nasionalisme Bung Karno bagi Mahasiswa Baru FIB

Fakultas Ilmu Budaya UNS bekerjasama dengan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar menyelenggarakan kuliam umum dengan tema Pemasyarakatan Nasionalisme Indonesia dan Idealisme Bung Karno di ruang Indraprasta UNS Inn, Selasa (13/8).

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan membangun kembali semangat nasionalisme Indonesia bagi generasi penerus bangsa dalam era informasi khususnya bagi mahasiswa baru. Disamping itu memberikan informasi kepada mahasiswa baru mengenai peran perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai pusat informasi dan sumber referensi kebangsaan sekaligus sebagai sumber inspirasi memberikan pemantapan nasionalisme Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 500-an mahasiswa ini dibuka oleh Sutarno, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sebelas Maret. Dalam pembukaannya beliau mengatakan, “Kemajuan teknologi, infomasi dan pengetahun sekarang ini begitu cepat, sehingga diperlukan rasa nasionalisme sejak dini, salah satunya melalui Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Emosional Spiritual Quation (ESQ) dan program-program positif lainnya dari fakultas maupun universitas.”

“Saya berharap mahasiwa baru 2018 memanfaatkan kesempatan baik ini untuk bekerja keras dan belajar sebaik-baiknya dengan membuka cakrawala pikiran semaksimal mungkin melalui ide-ide, gagasan yang inovatif untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara ini.”

Kegiatan yang berlangsung dari siang sampai sore ini menghadirkan tiga narasumber yang kompeten di bidang masing-masing yakni :

  • Suyatno, Kepala UPT. Perpustakaan Proklamator Bung Karno dengan paparanya yang berjudul Indonesia Merdeka Adalah Menjanjikan Tetap Belum Pasti Menetukan
  • Supardjo, Wadek Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIB UNS. Beliau membawakan Nilai-nilai  Ungkapan Jawa Sumbangnya Terhadap Pembentukan Karakter Bangsa
  • Warto, Wakil Dekan Bidang Akademik dengan materinya Peran Generasi Muda Dalam Menumbukan dan Merawat Kesadaran Kebangsaan

Sebagai moderator adalah Sahid Teguh Widodo, guru besar Prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya.

Dalam paparannya selama satu jam lebih, Suyatno menyampaikan tentang, Idealisme Bung Karno yaitu pokok pikiran dari karya-karya yang monumental, salah satunya yang berisi revolusi, kesadaran nasionalisme Indonesia, persatuan untuk berjuang bersama demi kemerdekaan dan masih banyak lagi. Disamping itu Beliau juga secara singkat mengenalkan tentang Perpustakan Proklamator Bung Karno. Perpustakaan yang modern ini diharapkan dapat menyajikan fakta historis tentang Bung Karno serta dapat digunakan sebagai referensi kebangsaan Indonesia. Dengan berbagai koleksi yang menyimpan pemikiran, gagasan dan ide Bung Karno dalam mendirikan bangsa Indonesia sekaligus membangun semangat nasionalisme Indonesia.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa baru juga disuguhi beberapa penampilan dan games menarik untuk memeriahkan suasana di UNS Inn. Tampil Priyo Nugroho dan Elizabeth Nugraheni, mahasiswa Prodi Sastra Daerah dalam beksan Ksatriya Kusumaning Bangsa.

Diharapkan dari kegiatan ini, mahasiswa baru sebagai penerus cita-cita bangsa tumbuh rasa nasionalisme dan mampu mengisi kemerdekaan ini dengan belajar sungguh-sunggguh untuk menuai prestasi yang berguna bagi instansi, masyarakat dan bangsa.

Sumber: http://fib.uns.ac.id/berita/upt-perpustakaan-proklamator-bung-karno-blitar-beri-pembekalan-nilai-nilai-nasionalisme-bung-karno-bagi-mahasiswa-baru-fib/

Komentar

Shares