UNS Jawametrik 2021 merupakan model pemeringkatan berbasis IT yang dirancang dengan cermat dan memadai untuk memberikan informasi akurat institusi/lembaga pengembang dan penangkar budaya Jawa di Dalam dan Luar Negeri. Basis data dan informasi yang berasal dari UNS Jawametrik akan menginformasikan tentang pusat kegiatan dan riset, acara budaya, sumber daya, kepakaran, serta artefak budaya Jawa di seluruh dunia yang memungkinkan lembaga-lembaga tersebut untuk terhubung dan berkolaborasi secara global. UNS Jawa metrik dapat diakses melalui laman: https://jawametrik.uns.ac.id/

UNS Jawametrik telah menetapkan 11 kriteria dan indikator, yaitu institusi kajian Jawa, akademisi kajian Jawa, penelitian kajian Jawa,  literatur dan koleksi pustaka tentang kajian Jawa, kolaborasi dan kerjasama yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa, acara/kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa, koleksi artefak Jawa, tindakan/aksi yang berkaitan dengan nilai kebudayaan dan norma Jawa, penggunaan bahasa Jawa, pengakuan atau penghargaan yang diakui oleh institusi lain berkaitan dengan budaya Jawa, digitalisasi/adaptasi berbasis teknologi pada kebudayaan Jawa. Calon peserta yang berpotensi dalam UNS Jawametrik hingga awal tahun 2021 adalah sejumlah 104 institusi yang terdiri dari: Benua Amerika terdapat 38 institusi, Benua Asia terdapat 47 institusi, Benua Eropa terdapat 13 institusi, dan Benua Australia dan Oceania terdapat 6 institusi.

Berdasarkan keaktifan, online visibility, dan kontribusi partisipan dalam pengembangan kebudayaan Jawa berdasarkan 11 kategori tersebut di atas, Tim UNS Jawametrik 2021 telah merumuskan 27 institusi teratas, yaitu: Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Daito Bunka University, Xihua University, Tokyo University of Foreign Studies, Arizona State University, Akademi Seni Mangkunegaran, STKIP PGRI Ponorogo, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Udayana Bali, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas PGRI Semarang, Universitas Widya Dharma Klaten, Victoria University of Wellington, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Osaka University, Leiden University, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Australian National University, Institut Seni Indonesia Surakarta, University of Michigan, Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Kokushikan University, dan Universitas Indonesia.

Top 10 Nominee UNS Jawametrik 2021

berdasarkan last updates on system, 20 Maret 2021 adalah (1) Universitas Sebelas Maret, (2) Institut Seni Indonesia Surakarta, (3) Universitas Gadjah Mada, (4) Universitas Indonesia, (5) Leiden University, (6) Universitas Negeri Yogyakarta, (7) Australian National University, (8) Universitas Negeri Semarang, (9) Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan (10) Universitas Negeri Surabaya.

Top 10 Institutions Awarding Ceremony UNS Jawametrik 2021

Berdasarkan hasil pengisian data di 11 kriteria dan indikator https://metrik.jawametrik.uns.ac.id/ dan perolehan point dalam sistem, final updates on system tanggal 17 Mei 2021, ditetapkan 10 peringkat terbaik UNS Jawametrik 2021 sebagai berikut.

Peringkat 1

Universitas Sebelas Maret

Peringkat 2

Universitas Negeri Yogyakarta

Peringkat 3

Universitas Negeri Surabaya

Peringkat 4

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Peringkat 5

Universitas Indonesia

Peringkat 6

Universitas Gajah Mada

Peringkat 7

Universitas Negeri Semarang

Peringkat 8

Institut Seni Indonesia Surakarta

Peringkat 9

Leiden University

Peringkat 10

Australian National University

 

Tim UNS Jawametrik terus berupaya untuk menyempurnakan sistem penilaian dan pemerengkingan metrik.jawametrik.uns.ac.id. antara lain aspek filosofis, metodologi, dan teknik retorika penyajian agar mendapatkan data yang objektif dan terpercaya. Tim UNS Jawametrik berharap sistem perengkingan ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai lembaga pendidikan tinggi dan institusi kebudayaan untuk saling berbagai informasi dan bekerjasama dalam memajukan kebudayaan dan peradaban global.