UNS Gelar Lokakarya Nasional “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian UMKM”

Total
0
Shares

Foto: Pembicara Dr. Dra. Hj. Mei Sulistyoningsih, M.Si memberikan paparan strategi eksistensi dan pemberdayakan masyarakat pekerja mandiri dalam menyogsong Era Digital

UNS– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar Lokakarya Nasional dengan Tema “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian dalam Menjalankan UMKM di Era Milenial”, bertempat di Gedung Pascasarjana lantai 6 UNS, Selasa (28/11/2017).

Acara Lokakarya Nasional ini menghadirkan 3 pembicara Pertama, Dr. Dra. Hj. Mei Sulistyoningsih, M.Si Ketua Umum Federasi Pekerja Mandiri Jateng dan Kepala Pusat Sains, Teknologi dan Sentra HKI Universitas PGRI Semarang membahas strategi eksistensi dan pemberdayakan masyarakat pekerja mandiri dalam menyogsong era digital. Kedua, L. Sumadi, Ing. HTL, M.Si Direktur Eksekutif Solo Techno Park berbicara tentang Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemampuan Menerapkan Teknologi  di Masa Depan Dalam Bidang UMKM. Dan Ketiga, Aziz Setyawijaya, S.I.P. Business Development Manager PT Usaha Desa Sejahtera berbicara tentang Pemberdayaan Masyarakat dalam merespon peluang dan tantangan UKM di Desa.

Dr. Dra. Hj. Mei Sulistyoningsih, M.Si memaparkan tentang Kewirausahaan harus dimulai dengan pembinaan entrepreneurship guru, Salah satu kelemahan terbesar dalam kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia adalah lemahnya jiwa entrepreneurship guru. Gerakan kewirausahaan Nasional, dicanangkan oleh Presiden SBY Rabu, 2 Pebruari 2011. Menyejahterakan Indonesia melalui gerakan Kewirausahaan Nasional mempunyai hubungan dengan realita bahwa penduduk miskin kian bertambah, pengangguran tidak hanya monopoli orang-orang tak berpendidikan. Strategi Digital Adalah proses penentuan visi, tujuan, peluang dan inisiatif sebuah organisasi baik bisnis maupun nirlaba untuk memaksimalkan manfaat dari prospek dunia digital. Perubahan-perubahan strategi, dari strategi offline menjadi strategi online atau lebih luas lagi adalah digital, sangat dipengaruhi perubahan fokus pada perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Prodi Penyuluhan Pembangunan/ Pemberdayaan Masyarakat Pascasarjana UNS. Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk  merumuskan strategi pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian menjalankan usaha kecil menengah di era milenial, melalui sharing pengalaman tiga lembaga tersebut.

“Tema ini dipilih karena kita sadari bersama bahwa cepat atau lambat negara di manapun termasuk Indonesia akan bergerak dari tahap tradisional, pra industri,  industri, pasca industri, bahkan sampai pada tahap masyarakat komunikatif, yang ditandai dengan  penggunaan teknologi baik teknologi sederhana maupun canggih. Ironisnya tidak semua anggota masyarakat yang siap menyongsong dan merespons teknologi dalam melakukan kegiatan usaha mereka”,ujar ketua panitia Drs Suprapto. (Humas-UNS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Where To Get Cheap Kamagra Us

Sildenafil could of the punishment is where To Get Cheap Kamagra Us revascularization therapy will with heart can make people taking erections and whether drugs. Hey, where these medications work.…
View Post