•  
  •  
  •  
  •  
  •  

Fakultas Ilmu Budaya UNS mengadakan pelatihan English for Public Speaking di ruang seminar FIB, Selasa (18/02/2020). Kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai siang tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan sekaligus membimbing mahasiswa FIB ketika akan mengikuti kompetisi-kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional. Mereka berasal dari perwakilan prodi di lingkungan FIB. Masing-masing prodi mengirimkan 10-20 siswa dari beberapa angkatan. Hal ini juga sangat relevan pada kondisi saat ini. Apalagi dalam era revolusi industri 4.0, setiap mahasiswa siap tidak siap harus siap untuk bersaing di era globalisasi. Cepatnya perkembangan teknologi yang begitu pesat, kemampuan hardskills harus diimbangi dengan softskills yang mumpuni. Salah satu yang disiapkan FIB adalah  kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang I, Tri Wiratno dan hadir sebagai narasumber adalah Melanie Sands Slater dan R. Ay. Irawati Kusumorasi. Yang pertama adalah penari balet dari New York beliau juga seorang ahli sejarah seni modern sedangkan yang kedua adalah penari klasik dan kreasi baru dari Mangkunegaran. Beliau juga sering menjadi Event Organizer (EO) festival seni internasional seperti  Solo Internasional Performing Arts (SIPA).

Pada sesi pertama, diisi oleh Melani Sands Slater dengan judul materinya Self Presentation and Public SpeakingDi hadapan seratusan mahasiswa yang hadir, beliau mengungkapkan mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika berbicara di depan depan umum. Beliau memberikan tiga kunci untuk membuka tiga pintu supaya public speaking berjalan dengan baik yaitu preparation (persiapan), delivery (menyampaikan) dan inspiration. Beliau juga menekannkan bahwa menjadi public speaker yang baik tidak boleh egois dan belajar mendengarkan dengan baik. Beri kesempatan pada audien untuk berfikir dan mencermati apa yang kita sampaikan. Selalu berikan positive language untuk pendengar.

Sementara itu pada sesi ke dua diisi oleh R. Ay. Irawati Kusumorasi dengan judul materinya Attitude and Grooming. Di hadapan peserta yang hadir, Irawati Kusumorasi membahas tentang cara berperilaku dan penampilan saat menjadi public speaker. Mulai dari cara berjalan, duduk, dan kemudian berbicara yang benar di muka umum. Beliau juga menekankan bahwa perilaku yang baik sangat mendukung keberhasilan, misalnya sopan, disiplin, ramah dan baik hati. Harapannya mampu menambah innner beauty yang bersangkutan. Akhirnya pendengar akan setia mendengarkan orasi atau paparannya sampai acara usai serta mengadopsinya dalam dirinya.

Kegiatan ini ditutup dengan diskusi anatar kedua narasumber dan mahasiswa. Harapannya dengan bekal pelatihan English for Public Speaking ini mampu menambah rasa percaya diri mahasiswa FIB ketika mengikuti ajang/kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/berita/tingkatkan-rasa-percaya-diri-mahasiswa-fib-selenggarakan-pelatihan-english-for-public-speaking/

Komentar