(5/5/19) Design Competition for Industrial System and Environment (DESCOMFIRST) merupakan kompetisi desain produk tahunan tingkat Asia Tenggara yang diadakan oleh Teknik Industri, UNS. Kompetisi yang digelar tentu saja didasarkan pada prinsip-prinsip disiplin ilmu teknik industri agar menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan menekankan prinsip efektivitas dan efisiensi dengan mempertimbangkan aspek lingkungan agar dapat bersaing dengan produk-produk yang telah ada. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas mahasiswa peserta lomba, meningkatkan kerja sama antar organisasi mahasiswa, memberi pengalaman penyelenggaran kegiatan yang positif bagi mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UNS.

Tema yang diambil pada DESCOMFIRST 2019 adalah ‘Innovation of Industrial Food Equipment in Small Medium Enterprises Considering Environmental Sustainability’. Tema ini dipilih karena tujuan kompetisi tidak hanya untuk berkontribusi pada perkembangan akademik tetapi juga untuk memberi manfaat bagi Industri Kecil Menengah (IKM), terutama IKM Pangan di Asia Tenggara yang membutuhkan peralatan inovatif untuk mendukung operasi mereka dengan anggaran minimum karena keterbatasan mereka agar mampu beroperasi secara efektif dan efisien. Desain produk yang diharapkan harus unik, kreatif dan juga harus ramah lingkungan.

Puncak acara rangkaian kegiatan DESCOMFIRST 2019 dilaksanakan selama dua hari, yaitu 4-5 Mei 2019 dan diikuti oleh 15 tim yang lolos ke tahap final dari sejumlah 65 tim yang mendaftar di awal seleksi. 14 tim berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan 1 tim dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

Kegiatan hari pertama berlangsung mulai pukul 08.00-18.00 di hotel Alana, Jalan Adi Sucipto Surakarta. Kegiatan pada hari itu adalah presentasi hasil desain produk dari masing-masing tim terpilih kepada dewan juri. Juri dalam babak final ini ada tiga, yaitu (1) Bapak Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D. yang merupakan pakar desain produk dan pengarang buku “Produk Inovatif, Desain Konsep, Prototype dan HKI” dari Program Studi Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, (2) Bapak Dr. Ir. Susanto Sudiro, M.Sc. yang merupakan pakar praktisi desain produk yang menjabat sebagai Wakil Direktur PT. Mega Andalan Kalasan (MAK), dan (3) Bapak Ir. Wakhid Ahmad Jauhari, S.T., M.T., IPM yang merupakan pakar yang mewakili Program Studi Teknik Industri UNS. Penilaian juri menentukan pemenang urutan pertama, kedua dan ketiga. Hari pertama diakhiri dengan Gala Dinner dengan hiburan dari Music Industrial Engineering (MIE), Teknik Industri UNS. Peserta diberi fasilitas menginap semalam di Hotel Alana.

Acara hari kedua yaitu tanggal 5 Mei 2019 diawali dengan city tour (berkeliling kota Solo) menggunakan Bus Wisata Khas Solo “Werkudara”. Tempat yang mereka kunjungi adalah Javenir yang merupakan tempat oleh-oleh dan Keraton Mangkunegaran. Acara dilanjutkan dengan Expo yang berlangsung di Hall Transmart, Jl. A. Yani No. 234, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Pada kegiatan ini, Tim–tim tersebut memamerkan prototipe dari desain produk yang dibuatnya. Pengunjung diminta menilai hasil karya mereka. Penilaian pengunjung sebagai salah satu dasar penentuan tim favorit di samping penilaian dari jumlah “like” yang diperoleh dari Instagram @descomfirst.

Pengumuman pemenang DESCOMFIRST 2019 diumumkan di akhir acara Expo. Juara 1 DESCOMFIRST 2019 diraih oleh RED Team yang berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan memperoleh hadiah uang sebesar IDR 10,000,000.  Juara 2 DESCOMFIRST 2019 diraih oleh Elysian Team yang berasal dari Universitas Gadjah Mada dengan memperoleh hadiah uang sebesar IDR 8,000,000. Juara 3 DESCOMFIRST 2019 diraih oleh Latte Team yang berasal dari Universitas Gadjah Mada dengan memperoleh hadiah uang sebesar IDR 6,000,000. Juara favorit juga diraih oleh RED Team dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan memperoleh hadiah uang sebesar IDR 1,000,000.

Panitia DESCOMFIRST 2019 berterima kasih kepada pihak-pihak sponsor yaitu Bank BTN, CV. Madyotomo, Mata Visual, Spesial Sambal, Sabdo Palon, Togamas, Ganeps dan juga Alumni Teknik Industri UNS angkatan 2012 dan 2011 serta media partner yaitu TATV, Solo trust, TA radio, dan Prambors sehingga acara dapat terlaksana dengan baik dan dan lancar. Terima kasih juga kepada Transmart Pabelan yang telah menjadi sponsor dan menyediakan tempat sehingga acara Expo DESCOMFIRST 2019 dapat berjalan dengan baik.

(Fatma Rizki Hardiana, Martha Widhi Dela Utami)

 

Komentar

Shares