Tim Pengabdian Sastra Arab FIB UNS Ajarkan Bahasa Arab dan Arab Pegon di Panti Asuhan Syifa’ul Qalbi

Total
0
Shares

Sebagai kegiatan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,  Program Studi (Prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan pelatiah dan pengabdian bertajuk Pelatihan Bahasa Arab dan Arab Pegon bagi Anak-anak. Kegiatan tersebut dilakasanakan di Panti Asuhan Syifa’ul Qalbi, Desa Pojok RT 02 RW 03, Jumantono, Karanganyar, pada Sabtu (04/09/2021).

Menurut Dr. Eva Farhah, S.S., M.A., Ph.D  Kepala Prodi Sastra Arab FIB UNS yang juga ketua kegiatan membeberkan bentuk rasa pedulinya terhadap keterampilan bahasa Arab yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini, hal tersebutlah yang melatarbelakangi kegiatan ini diadakan.  “Anak memiliki bekal cukup untuk memahami Al-Quran sebagai kitab suci dan pedoman hidupnya. Keterampilan tersebut dimulai dengan kemampuan baca-tulis bahasa Arab dengan baik. Pengenalan huruf hijaiyah, serta cara membaca dan menulisnya menjadi materi dasar yang harus dikuasai oleh anak” ungkapnya.

Melalui penyampaian yang menarik Dr. Eva membekali para peserta, yang terdiri atas tiga orang siswi SD dan empat orang siswi SMP itu mengenai pengenalan dan pemahaman huruf-huruf Arab. Selain pengenalan huruf Arab Dr. Eva juga mengajari menulis kata, frasa, hingga kalimat sederhana dalam bahasa Arab, peserta  juga belajar membuat transliterasi huruf Arab dengan menggunakan aksara latin. “Mereka belajar merangkai huruf, menulis kata hingga kalimat sederhana, sehingga mereka dapat gambaran jelas mengenai huruf Arab dan mudah berkenalan dengan huruf Arab. Adapun sumber belajar yang digunakan adalah buku Iqra 1 dan Al-Quran” tambahnya.

Ustadz Rahmat, pengasuh panti asuhan, memberikan arahan dan mengenalkan kondisi panti dan anak-anak asuh. Rahmat menyambut baik kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan. “Alhamdulillah melalui kegiatan pengabdian dari Program Studi Sastra Arab UNS ini kami sangat terbantu, anak-anak jadi lebih antusias melalui cara mengajar ramah dan menarik”tuturnya.

Menggenggam antusias dan semangat dari anak-anak serta pengurus Panti Asuhan Syifa’ul Qalbi, tim pengabdian Sastra Arab akan menyelenggarakan kegiatan ini secara berkelanjutan. Adapun kegiatannya  direncanakan pada akhir September  yang juga akan melibatkan peserta panti di bawah naungan Panti Asuhan Syifaul Qalbi. (Rensi)

Sumber: https://fib.uns.ac.id/news/tim-pengabdian-sastra-arab-fib-uns-ajarkan-bahasa-arab-dan-arab-pegon-di-panti-asuhan-syifa-ul-qalbi

You May Also Like

Order Generic Adalat Amsterdam

Canadian Meds Adalat. Canadian Drug Store Hypertrophic cardiomyopathy is the among young people and the QStroke risk calculator suggested that it might. In 2002, it was approved by the Food…
View Post