Tim Pengabdian Masyarakat FEB Beri Pelatihan dan Pendampingan UMKM Kuliner

Total
0
Shares

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) yang diketuai oleh Dr. Bambang Hadinugroho, S.E., M.Si. menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Wedangan Lawang Djoendjing, Kamis 27/8/2020.

Tim yang beranggotakan Dra. Ig. Sri Seventi Pudjiastuti, M.Si., Dr. Sri Hartoko, MBA, Ak, Heru Agustanto, SE, ME, Drs. Sunaryanto, M.M., Yohana Tamara,SE, M.M, Dr. Endang Suhari, M.Si dan Drs Harmadi,M.M. secara bergantian memberikan materi pelatihan dan pendampingan kepada15 orang pelaku usaha kuliner di Kecamatan Jebres Surakarta.

Selain itu, Tim juga mendatangkan praktisi Gojek untuk memberikan pelatihan kepada peserta dalam penjualan online dengan aplikasi.

Dr. Sri Hartoko, MBA, Ak

Materi yang disampaikan meliputi akuntansi dan perpajakan, manajemen dan manajemen keuangan sederhana untuk pembukuan, manajemen pemasaran digital serta membantu kemitraan usaha dengan gojek (gofood, go send, go shop).

Tim berharap dengan pelatihan dan pendampingan tersebut mampu membantu pencapaian peningkatkan profit UMKM.

Para pelaku UMKM perlu memahami manajemen pemasaran sebagai cara yang paling efektif untuk memperkenalkan produk dan jasa kepada masyarakat sehingga konsumen mau melakukan pembelian dan akhirnya mampu meningkatkan profit perusahaan secara keseluruhan.

Strategi pemasaran harus dilakukan UMKM terhadap produk, penetapan harga, lokasi dan juga dan promosi.

Dra. Ig. Sri Seventi Pudjiastuti, M.Si.

Dalam hal strategi pemasaran produk, UMKM harus menciptakan produk yang unik, menarik dan memiliki kelebihan dari produk lain serta terus berinovasi memenuhi selera dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Selain itu, dalam hal promosi, UMKM harus mampu beradaptasi dengan melakukan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan internet.

Yohana Tamara,SE, M.M

Kegiatan ini berjalan lancar dan mendapat tanggapan positif dari seluruh peserta.(Humas)

Editor: Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like