Tim Pengabdian FEB UNS Bina UKM di Sukoharjo

Total
0
Shares

Di bulan Mei 2019, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) yang terdiri dari: Sulardi, SE, M.Si, Ak, Sri Suranta, SE, M.Si, Ak, dan M. Syafiqurrahman, SE, MM, Ak melakukan pembinaan kepada dua Usaha Kecil Menengah (UKM) di  Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo.

Kedua UKM yang dibina memiliki produk rotan, yakni UKM Wayan Rotan dengan pemilik Bapak Saryanto dan UKM Tiga Warna Rotan dengan pemilik Bapak Sugimin.

Beberapa barang yang diproduksi diantaranya kursi,  tempat lampu, nampan , meja makan, sofa, keranjang, ayunan, handycraft dan lain-lain.

Sri Suranta menyampaikan kepada Media FEB bahwa kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan penjualan ekspor rotan di Desa Trangsan Gatak Sukoharjo dengan metode pemasaran on line .

Kegiatan diawali dengan pengadaan sarana dan prasarana, berupa notebook dan modem sejumlah dua unit kepada masing-masing UKM.

Selanjutnya, untuk mempercepat proses pemasaran produk mereka, tim membuatkan media online dalam bentuk  website untuk masing-masing UKM dengan alamat: http://wayanrotan.com dan http://tigawarnarotan.com.

Dari hasil evaluasi, tiga bulan usai pengabdian, tim melihat adanya capain yang cukup signifikan.  Penjualan produk kedua UKM semakin meningkat.

“Penjualan rotan selama tiga bulan setelah kegiatan pengabdian meningkat sebesar 38% dibanding penjualan tiga bulan sebelumnya, Februari-April “ jelas Sri Suranto .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like