Prestasi tingkat nasional kembali ditorehkan oleh mahasiswa dari UNS. Ada tiga mahasiswa UNS berhasil membawa nama harum UNS dengan meraih Juara 1 dalam kompetisi Debat “VOTDEC 2019”  yang dilaksanakan Universitas Airlangga  Surabaya. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Ahmad Haidir (Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS Angkatan 2016), Muhijaatul Asfarah (Prodi Ilmu Administrasi Publik  FISIP UNS angkatan 2017) serta Nurul Aida (dari Fakultas Ilmu Hukum UNS.  Kompetisi Debat Mahasiswa tingkat Nasional  ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya dan telah berlangsung pada Hari Sabtu – Minggu, 21-22 September 2019. Lomba debat tersebut merupakan bagian dari acara yang diberi nama ‘VOTDEC’ atau singkatan dari Vocational Talkshow, Debate and Essay Competition  dengan tema “Peran Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0” yang diikuti oleh 16 tim peserta dari 8 universitas baik negeri maupun swasta  di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam sistem lomba yang digelar,   setiap tim bertanding 3 kali dalam babak eliminasi untuk kemudian diambil 8 tim teratas dengan victory point atau kemenangan terbanyak yang akan melaju ke perempat final. Mulai babak perempat final, menggunakan sistem gugur yang arti nya setiap tim harus menang untuk dapat melaju ke babak berikutnya.

Menurut Ahmad Haidir,  Tim dari UNS berhasil sapu bersih seluruh pertandingan mulai dari babak penyisihan, hingga di babak final. Namun di babak semifinal, tim UNS sempat menghadapi lawan terberat menurut mereka, yakni tim dari tuan rumah Universitas Airlangga. Walau begitu, tim UNS berhasil menang dengan skor dan margin yg sangat tipis berdasarkan penilaian dari dewan juri. Dan disesi  final, UNS menghadapi tim dari Universitas 17 Agustus (UNTAG) Surabaya. (Maryani FISIP UNS)  

Komentar

Shares