Ayo Tanggap Bencana untuk Sesama

Saatnya Nurani Bicara untuk Kemanusiaan

Civitas Academika UNS bersama Emergency Search and Rescue (SAR) UNS dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS telah terjun ke lapangan sejak kemarin sore (19/6/2016) untuk membantu masyarakat yang terkena musibah banjir di Solo dan sekitarnya. Bersamaan dengan aksi tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (BEM UNS) Surakarta berinisiatif untuk menggalang dana berkaitan dengan bencana banjir yang terjadi di wilayah Surakarta. Sebelumnya, Sabtu malam (18/6/2016) telah turun hujan dengan intensitas yang tinggi disertai angin sehingga menyebabkan banjir. Banjir tersebut melanda di beberapa wilayah Surakarta. Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan lebat ini masih akan berlanjut hingga Senin (20/6/2016).

Ilustrasi banjir. Sumber gambar: ganlob.com
Ilustrasi banjir. Sumber gambar: ganlob.com

Informasi terbaru yang diterima tim redaksi UNS Minggu (19/6/2016) pukul 17.17 WIB dari Badan Koordinasi Pelaksana Emergency Search and Rescue (SAR) UNS mengatakan bahwa ketinggian air di waduk Gajah Mungkur sudah mencapai 135,2 yang mana batas aman ketinggian tersebut adalah 136. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi waduk tersebut sudah berada di batas siaga. Jika ketinggian air melebihi batas aman kemungkinan air bah akan menggenangi wilayah Solo, mengingat posisi Solo berdekatan dengan waduk tersebut.

Lebih lanjut, BEM UNS yang berkoordinasi dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) wilayah Solo mendapat informasi bahwa ada beberapa hal yang bersifat urgent terkait dengan fasilitas dan pelayanan di tempat pengungsian yang belum memadai. Alas tikar, selimut, dan bahan makanan untuk keperluan sahur,buka, dan makan sehari-hari sangat diprioritaskan untuk segera dipenuhi. Oleh karena itu, bagi civitas akademika UNS yang ingin memberikan donasi bantuan bisa mentransfer ke nomor rekening berikut 0437 7796323 (Bank BNI) atas nama Aji Baghaskara. Bagi civitas akademika yang ingin berbagi informasi kondisi terkini dan yang sudah mengirimkan donasinya bisa mengonfirmasi ke 08985775911 (Aji Baghaskara) atau 085712098640 (Isna)

[red.uns.ac.id]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like