Indonesia adalah negeri dengan sejuta pesona. Banyak keanekaragaman seni dan budaya yang dimiliki, yang patut kita banggakan sekaligus dilestarikan dari masa ke masa. Hal ini lekat dengan kota Solo yang kaya dengan keragaman budaya warisan leluhur.

Berangkat dari hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pandawa (HMP Pandawa) Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan Generasi Baru Sastra Daerah (Generu Sasda) 2018 dengan tema Kanthi Pancasila Ambangun Jiwa di R. Seminar, Sabtu-Minggu (29-30/9/2018).

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk menyambut bagi mahasiswa baru prodi Sastra Daerah angkatan 2018. Tujuannya adalah menjalin keakraban, kekompakan, kekeluargaan serta meningkatkan  persatuan dan kesatuan dengan mahasiswa angkatan sebelumnya. Sehingga mampu memberikan iklim pembelajaran yang baik di antara mahasiswa prodi Sastra Daerah.

Bentuk kegiatan berupa kuliah umum dan kunjungan budaya ke beberapa tempat yang lekat dengan nilai seni dan budaya. Diantaranya adalah Kraton Kasunanan Hadiningrat, Taman Balekambang serta Museum Radya Pustaka. Adapun kuliah umum, HMP Pandawa menggandeng Sruti Respati sebagai narasumber. Beliau adalah alumni Sastra Daerah tahun 2002 yang kini berprofesi sebagai musisi sekaligus  Pegawai Negeri Sipil di Dinas Pariwisata Kota Surakarta.

Dalam paparannya di hadapan 60-an mahasiswa,  Sruti Respati memberikan beberapa materi yang berharga bagi mahasiswa yakni beliau menyanyikan salah satu tembang Macapat (Asmarandana) beserta mengupas tentang makna yang terkandung di dalamnya serta berbagi pengalaman dari saat beliau duduk di bangku kuliah Prodi Sastra Daerah hingga beberapa kegiatan yang sudah digelutinya saat ini.

Diharapkan dengan hadirnya Sruti Respati mampu memberikan energi baru bagi mahasiswa baru untuk percaya diri, gigih, bekerja keras dalam mengembangkan skiil dan mempraktekkannya.

Sumber: http://fib.uns.ac.id/berita/sruti-respati-hadir-di-fib-berbagi-prestasi-dan-pengalaman-berharga-bagi-mahasiswa-baru/

Komentar

Shares