Untuk go internasional, Fakultas Ilmu Budaya harus memacu diri untuk meningkatkan kualitas dalam berbagai bidang, salah satunya adalah peningkatan kualitas prestasi mahasiswa dengan cara mendatangkan dosen tamu yang terdiri dari para praktisi dan akademisi berskala internasional. Baik dalam bentuk visiting profesor maupun adjunct professor. Hal ini sebagai upaya mensejajarkan kualitas pendidikan nasional di tengah-tengah kancah pendidikan internasional.

Kebijakan ini disambut baik oleh masing-masing prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya. Salah satu yang baru saja berlangsung adalah program adjunct profesor oleh Program studi Ilmu sejarah bekerjasama dengan Internasional Office UNS. Prodi Ilmu Sejarah mendatangkan Sita T. van Bemmelen, seorang tenaga pengajar dari Belanda dan sekarang berprofesi sebagai peneliti dalam bidang Sejarah dan Gender Beliau adalah wanita kelahiran Belanda yang kini telah menjadi Warga Negara Indonesia dan menetap di Bali. Di FIB yang bersangkutan mengajar mata kuliah Sejarah Eropa bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Sejarah selama 16 pertemuan. Beliau di UNS mulai tanggal 18-21 September 2018 dan akan datang kembali pertengahan bulan Oktober bersamaan dengan pelaksanaan Museum Goes to Campus.

Tiwuk Kusuma Hastuti, Kaprodi Ilmu Sejarah mengatakan, “Program adjunct professor ini merupakan kerjasama dengan Internasional Office UNS. Salah satu tujuannya adalah mendukung program UNS menuju World Class University”.

“Beliau adalah pakar sejarah, diharapkan mahasiswa memanfaatkan kesempatan baik ini untuk bertanya sekaligus menggali pengetahuan seluas-luasnya dalam hal Sejarah Eropa langsung dari pakarnya,” lanjut beliau.

Selama di Fakultas Ilmu Budaya, Sita T. van Bemmelen aktif memberikan kuliah dan diskusi. Materi dari beliau antara lain Global History mengenai uang, kekuasaan dan agama. Tentu akan berkembang pada tema-tema menarik lainnya. Terbagi dalam dua kelas A dan B. Kuliah berlangsung di gedung I lantai 2 Fakultas Ilmu Budaya. Diikuti kurang lebih 50-an mahasiswa dari masing-masing kelas. Diikuti oleh mahasiswa semester 3. Para mahasiswa mengikuti kegiatan dengan antusias.

Diharapkan dengan kehadiran beliau ini mampu memberikan kontribusi pengetahuan akan dapat menaikkan kompetensi akademisi dan meningkatkan reputasi UNS yang lebih baik di skala internasional.

Sumber: http://fib.uns.ac.id/berita/sita-t-van-bemmelen-mengajar-sejarah-eropa-di-fakultas-ilmu-budaya/

Komentar

Shares