Silaturahim dan Halal bi Halal Keluarga Besar FEB

Total
0
Shares

FEB selenggarakan acara Silaturahim dan Halal bi Halal keluarga besar FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Universitas Sebelas Maret, Sabtu 16 Juli 2016 di Aula FEB. Acara yang bertema  Transformasi Budaya Kerja sebagai Bagian dari Ibadah dihadiri oleh tenaga pendidik, kependidikan, para purnatugas beserta keluarga.

[su_slider source=”media: 2992,2991,2990,2989,2988,2987,2986,2985,2984,2983,2982,2981,2980,2979,2978,2977,2976,2975″ title=”no”]

“Acara Halal bi Halal merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya menjaga keeratan hubungan antara keluarga besar FEB. Terutama, akhir-akhir ini dan juga  ke depannya akan banyak perubahan di dalam dan di lingkungan  FEB, baik perubahan dalam interaksi maupun perubahan dalam bekerja. Hal inilah yang menjadikan dasar dari tema halal bi halal saat ini yaitu Transformasi Budaya Kerja sebagai Bagian dari Ibadah” papar Ketua Panitia – Retno Tanding Suryandari”. Lebih lanjut Retno berharap semoga acara ini menjadi sarana bagi keluarga besar FEB untuk  meningkatkan ukhuwah. Perubahan di tempat kerja semoga bisa dipahami dan memperoleh dukungan keluarga yang ada di rumah.

Dekan FEB –  Hunik Sri Runing Sawitri  menjelaskan bahwa tujuan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan tali silaturahim antara keluarga besar FEB. Kita  sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, selalu memerlukan bantuan orang lain. Halal bi Halal juga menjaga hubungan  secara horisonal dan vertikal. Dekan mengajak Bapak dan Ibu tenaga pendidik serta tenaga kependidikan untuk lebih mengamalkan budaya kerja ACTIVE. Kita lebih mengenalkan budaya kerja yaitu achievement orientation, customer satisfaction, team work, integrity, Visionary, Entrepeneurship sebagai bagian dari ibadah kita, bekerja yang beorientasi pada prestasi,  melayani pengguna dengan baik, bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik antar civitas akademika, ikhlas, disiplin,  berdedikasi tinggi, punya pandangan ke depan, kreatif dan inovatif. Jika budaya kerja sebagai bagian ibadah, maka dalam mengamalkan budaya kerja tersebut tidak usah dipaksa karena sudah terpatri dalam hati dan pikiran kita masing-masing.

“Halal bi Halal mencakup beberapa hal yaitu tentang  salah, lupa, dosa, khilaf; saling meminta dan memberi maaf;  silaturahmi  dan  pengakuan sebuah dosa. Dalam sebuah  hadits qudsi, Alloh berfirman: semua anak cucu Nabi Adam pernah melakukan kesalahan dan sebaik-baik orang yang pernah berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat” papar Agung Syuhada mengawali ceramahnya.

Agung Syuhada yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Khalifatullah Singo Ludiro Mojolaban Sukoharjo  juga mengingatkan kepada kita untuk senantiasa memperbanyak rasa syukur kita, bukan hanya pada limpahan rezeki semata, namun nikmat-nikmat lainnya. Kebanyakan orang mengartikan nikmat Allah hanya pada mendapatkan rezeki dan kekayaan materi saja, sehingga orang mudah mengucap Alhamdulillah ketika usaha lancar mendapat rezeki banyak tetapi jarang sekali bersyukur ketika kondisi sehat atau ketika masih diberi kesempatan bernafas ketika bangun tidur. Dalam sebuah  hadits disebutkan bahwa yang dikatakan orang yang kaya itu bukanlah orang yang banyak hartanya, yang sukses dalam jual beli atau perdagangan atau ekonominya , tetapi yang disebut orang kaya adalah orang yang kaya hati. Hal ini merupakan nasehat bagi kita bahwa banyaknya harta dan kemewahan dunia bukanlah jalan untuk meraih kebahagiaan sesungguhnya. Sekaya apapun orang, akan selalu merasa kurang puas. Jika diberi sebesar dan sebanyak apapun harta, masih akan mencari yang lebih lagi, dan seterusnya. Oleh karena itu, kekayaan senyatanya adalah hati yang selalu merasa cukup dengan apa yang Allah beri.

Konsep jujur dalam bekerja juga harus senantiasa diaplikasikan dalam lingkungan kerja. Rosul senantiasa menjaga  kejujuran dalam berbisnis/ berdagang. Allah berfirman “Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.” (QS. Al Muthoffifin: 1-3).

Kehidupan di sekitar kita, sering kita temukan orang yang berusaha mencari keuntungan untuk diri sendiri,  yaitu mereka yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka minta dipenuhi secara sempurna, tanpa boleh ada kekurangan. Namun saat mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka menguranginya. Hal ini berarti mengambil harta manusia tanpa melalui jalan yang benar.
Sebagai penutup ceramahnya, Syuhada berharap adanya konsep pemikiran di kalangan akademis agar nilai-nilai agama masuk ke dalam budaya kerja, tidak semata-mata bekerja, berkarya dan  mencari rezeki namun juga lebih dari itu juga untuk mencari keridoan Allah.

Acara Halal bi Halal dimeriahkan pula dengan hiburan, pembagian hadiah hadir yang diundi di sela-sela acara dan juga acara serba-serbi meliputi informasi gelar profesor, lulus program doktor, magister, pernikahan  dan berita duka, sebagai berikut:

A. Profesor/Guru Besar:  Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, M.P. TMT :      01 September 2015

B. Lulus Program Doktor: 1. Dr. Ahmad Ikhwan Setiawan,                            S.E.,M.T. TMT Lulus : 31 Agustus 2015; 2. Dr. Susanto Tirtoprojo,        M.M, TMT Lulus : 30 November 2015

C.  Lulus Program S2 (Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan               FEB):  1. Johadi, S.E., M.Sc., TMT Lulus : 20 Oktober 2015, TMT           SK Rektor : 01 Desember 2015; 2. Nugroho Saputro,                                 SE.,M.Ec.Dev,  TMT Lulus : 19 Januari 2016, TMT SK Rektor : 01         Maret 2016; 3. Arif Rahman Hakim, S.E.,M.Ec.Dev, TMT Lulus : 19       April 2016, TMT SK Rektor : 01 Juni 2016; 4. Tetri Wahyu Aryanti,       S.S.,M.I.Kom, TMT Lulus : 05 Februari 2016

D. Pernikahan: 1. Kuncoro, S.E, Akad nikah tanggal : 11 Februari 2016;      2. Agung Dwi Prasetyo, Amd,  Akad nikah tanggal : 04 Oktober              2015; 3. Taufiqurrahman, A.Md, Akad nikah tanggal :08 Agustus          2015

E. Berita Duka: 1. Titi Wahyuning, meninggal dunia pada hari Minggu      tgl. 01 November 2015; 2. Sri Wahyuni, meninggal dunia pada hari        Rabu tgl. 18 November 2015; Dr Bambang Kusdiyanto, meninggal       dunia pada hari Rabu tgl. 20 April 2016

Acara Halal bi Halal  diakhiri dengan bersalam-salaman dan ramah tamah, berkeliling dimulai dari pimpinan dilanjutkan dengan hadirin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

UNS Jalin Kerjasama Dengan PT KAI

UNS- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin Kerjasama dengan PT. KAI, penandatanganan dilakukan di Ruang Sidang 1 Gedung dr Prakosa Kentingan Surakarta, Senin (27/11/2017). Penandatanganan Kerjasama dalam bidang pendidikan, pelatihan,…
View Post