Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentraya Bhuana Fakultas Ilmu Budaya UNS menggelar kegiatan  Pendidikan Dasar (Diksar) ke XXXII di Pegunungan Lawu Selatan, Nglurah Jurang Jero, Tlogo dlingo, Senin-Minggu (14-20/1/2019). Diksat tahun 2019 ini Sentraya Bhuana mengambil  tema Sembada Lan Migunani. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas, loyalitas serta mengembangkan kreatifitas anggota khususnya dalam bidang cinta alam, Sekaligus untuk membentuk terciptanya rasa kebersamaan, kesetiakawanan dan keteguhan hati.

Diksar ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan bagi anggota baru UKM Sentraya Bhuana, Dimana pada saat pendidikan dan pelatihan ini anggota baru akan dibekali pengetahuan yang berkaitan dengan dasar-dasar kepencitaalaman. Seluruh materi berjumlah 13 macam, antara lain  SAR, Rock Climbing, lingkungan hidup dan sebagainya.

Tak kurang dari 20 peserta baru dan lama mengikuti kegiatan yang berlangsung selama satu minggu ini. Mereka merupakan anggota baru yang lolos seleksi internal UKM Sentraya Bhuana. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi technical meeting, wawancara, tes kesehatan, gladi posko, simulasi olahraga air dan puncaknya gladi lapangan.

Sebelum keberangkatan, panitia sekaligus peserta DIKSAR terlebih dahulu melakukan upacara pelepasan. Dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan FIB. Hadir pula  Kabiro Kemahasiswaan UNS serta Kasubbag. Kemahasiswaan dan Alumni.

Upacara berjalan lancar dan hikmad. Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Alumni Supardjo, “berpesan agar selalu menjaga kesehatan, mengutamakan keselamatan, serta selalu kompak dalam kebersamaan.”

Diharapkan dari serangkaian kegiatan diksar ini anggota baru lebih disiplin dan bertanggung jawab sehingga dapat mewujudkan sikap profesionalisme.

Sumber: http://fib.uns.ac.id/berita/sentraya-bhuana-fib-gelar-diksar-di-pegunungan-lawu/

Komentar

Shares