Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret menjadi salah satu prodi yang berhasil memenangkan bantuan pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Anggaran 2021. Pengumuman tersebut telah dipublikasikan  melalui laman pkkmdikti.kemdikbud.go.id pada Senin 7 Juni 2021.

Melalui laman tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) mengucapkan selamat kepada perguruan tinggi yang dinyatakan sebagai penerima bantuan pemerintah PKKM Tahun Anggaran 2021. Bagi perguruan tinggi yang belum mendapatkan bantuan PKKM Tahun Anggaran 2021 dapat berpartisipasi pada bantuan pemerintah program Ditjen Dikti lainnya.

PKKM merupakan program kompetisi terbuka, dapat mencakup program studi dan program di tingkat institusi yang diutamakan untuk sistem pengelolaan Kampus Merdeka atau disebut Institutional Support System (ISS). Kompetisi dilakukan  melalui tiga tahapan yaitu evaluasi administratif, evaluasi kualitas dan  kelayakan proposal dan tahap verifikasi kelayakan dengan visitasi yang dilakukan secara daring.

Program ini bertujuan untuk mendorong transformasi di bidang pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas lulusan, dosen serta kurikulum.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan kompetensi lulusan, memperluas wawasan dan kesempatan mahasiswa mendapatkan kompetensi dari dunia profesi, meningkatkan kualitas dosen, meningkatkan sinergi dengan masyarakat dan dunia kerja, mendorong praktisi dan profesional.

Selain itu perguruan tinggi juga  dituntut turut menyiapkan kompetensi lulusan, dan meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum dan pembelajaran agar lulusan lebih utuh kompetensinya serta siap memasuki dunia kerja baik sebagai pencipta lapangan kerja maupun sebagai seorang profesional.

Ketua Program Studi S1 Manajemen FEB UNS yang juga menjadi Ketua Task Force dalam penyusunan proposal PKKM,  Dr. Atmaji, MM kepada Media FEB menyampaikan bahwa tim mendapatkan informasi PKKM relatif mendadak dibandingkan dengan ke 4 prodi lainnya di UNS.

PKKM ini sifatnya penunjukan dari universitas ke program studi di UNS berdasarkan rumpun bidang ilmu dari Pusat Unggulan Iptek di UNS, yaitu Javanologi, Baterei Lithium, dan Fintech Center. Prodi S1 Manajemen lebih dekat pada PUI Fintech Center di UNS.

“Kami memiliki waktu sekitar 1 bulan, meskipun sangat mendesak karena dasarnya adalah penugasan, maka saya langsung membentuk Task Force untuk penyusunan proposal sesuai dengan arahan dari universitas. Alhamdulillah Task Force yang saya bentuk dapat bekerja baik dan sangat solid, sehingga dalam waktu singkat prodi kami dapat mengejar ketertinggalan, dan dapat memenuhi ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan dalam kompetisi. Dari 5 Program Studi dan 1 Institutional Support System (LPPMP), pada akhirnya hanya ada 3 program studi yang lolos untuk didanai yaitu Prodi S1 Manajemen, S1 Agroteknologi, S1 Teknik Mesin” jelasnya.

Taskforce Penyusunan Proposal PKKM Prodi S1 Manajemen terbagi dalam lima bidang yaitu pengembangan platform market place UNS untuk mendukung pembelajaran mahasiswa, pengembangan inovasi keuangan digital untuk mendukung market place UNS, peningkatan kompetensi manajerial lulusan, peningkatan minat mahasiswa berwirausaha dan peningkatan reputasi internasional program studi

Lebih lanjut, Dr. Atmaji mengatakan setelah proposal di submit ke Kemendikbud oleh universitas, Tim Prodi S1 Manajemen FEB UNS menyiapkan diri untuk visitasi daring dan dalam proses itu selalu melakukan perbaikan terus menerus.

Visitasi daring telah dilaksanakan Sabtu, 17 April 2021. Dalam visitasi dilakukan konfirmasi mengenai program-program yang diusulkan dan ditekankan pada implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Saat visitasi, tim mendatangkan dosen, perwakilan mahasiswa, pengguna alumni, dan mitra kerjasama untuk diwawancarai oleh Tim Reviewer Kemendikbud.

Selamat untuk Prodi S1 Manajemen FEB UNS, semoga pencapaian yang telah diraih semakin mendorong peningkatan kualitas lulusan, tenaga pendidik dan juga kurikulum.   (Humas FEB)

(Humas FEB)