Sastra Arab FIB UNS Ikuti Kuliah Tamu dan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2021

Total
0
Shares

Kerjasama telah terjalin antara prodi Sastra Arab FIB UNS dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia sejak 2019 lalu, wujud kerjasamanya adalah program Kuliah Magang Mahasiswa (KMM). Namun karena terkendala pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembatasan wilayah dan mengurangi berpergian, tahun ini  Kemenlu RI mengadakan Kuliah Tamu dan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2021 dengan tema Recover Together Recover Stronger, sebagai aplikasi kerjasama antar institusi salah satunya Sastra Arab FIB.

Kegiatan yang disiarkan melalui laman web PPTM 2021 dan kanal Youtube Mofa Indonesia pada (06/01/2021) pukul 13.00 WIB ini, berisi tentang peyampaikan berbagai capaian diplomasi maupun upaya-upaya, pengembangan kerja sama luar negeri yang dilakukan oleh Kemlu RI sepanjang tahun 2020, serta prioritas apa saja yang akan dilakukan Kemlu di tahun 2021.

“Ada Lima prioritas diplomasi Indonesia pada 2021. Pertama, membangun kemandirian dan ketahanan kesehatan nasional. Kedua, mendukung pemulihan ekonomi dan pembangunan hijau atau pembangunan berkelanjutan. Ketiga, memperkuat sistem perlindungan WNI. Keempat, terus berkontribusi memajukan berbagai isu kawasan dan dunia. Kelima, menjaga kedaulatan dan integritas wilayah RI” jelas Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., LL.M, Menlu RI.

Dr. Eva Farhah, S.S., M.A selaku kepala program studi Sastra Arab FIB UNS, mengaku sangat terapresiasi pada PPTM 2021 ini. Selain itu Eva mengharap wujud kerjasama yang semakin berkembang untuk kemajuan bangsa.  Semoga kegiatan kerja sama dengan kementerian luar negeri ini semakin berkembang dalam berbagai bidang, dimulai dari Kegiatan Magang Mahasiswa, kemudian Kuliah Umum dan kerja sama-kerja sama dalam kegiatan lainnya. Hal ini penting untuk dijalin lebih erat karena Prodi Sastra Arab merupakan salah satu pintu untuk dapat berkiprah, khususnya diranah akademik, untuk mengharumkan nama bangsa. Terima kasih kami sampaikan kepada Kementerian Luar Negeri” ungkapnya.

PPTM 2021 juga disuguhkan Adam Malik Awards (AMA), suatu bentuk apresiasi Kemlu kepada insan media dan jurnalis nasional, yang dinilai aktif dan berkontribusi positif dalam mendidik masyarakat Indonesia. Acara ini kemudian ditutup oleh penampilan menawan dari musisi jazz muda tanah air, Arditho Pramono. (Rensi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Panen Raya Padi Organik

UNS dan KNOC-Ngawi, 31 Oktober 2015. Kelompok Tani Binaan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret mengadakan PANEN RAYA PADI ORGANIK. Bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Rektor UNS, Guru Besar…
View Post

“FESTIVAL STAR-FM”

Hari Minggu pengen refreshing tapi bingung mau kemana?? HIMATIKA FMIPA UNS Proudly Present “FESTIVAL STAR-FM” STAR FEST (Science, Technology, and Art Festival)  ~The Art of Science~  ■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■■ FMIPA UNS ||…
View Post