Berita Fakultas Ilmu Budaya

Sastra Arab FIB UNS Gelar Kelas Fotografi

Spread the love

Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar diskusi daring mengenai fotografi dengan tema How To Shoot Like A Pro pada Sabtu (11/7/2020) melalui aplikasi Google Meet. HMP Sastra Arab menghadirkan Ziyadatul Choirina Ayustin yang merupakan seorang freelance fotografi sebagai pembicara.

Ziyadatul menjelaskan bahwa fotografi merupakan sebuah proses melukis dengan menggunakan media cahaya. Ketika hendak terjun ke dalam dunia fotografi, seseorang harus mengetahui bagian-bagian kamera beserta fungsinya.

“Terdapat beberapa bagian kamera seperti power switch untuk menyalakan dan mematikan kamera, tombol shutter untuk mengambil gambar, command dial untuk mengatur tingkatan shutter speed, ISO, serta diafragma dan white balance. Kemudian, terdapat juga tombol ISO yang berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk ke kamera, tombol aperture untuk mengatur intensitas cahaya, tombol menu untuk mengatur segala pengaturan dan operasi di dalam kamera seperti mengatur auto-focus, image quality, dan pengaturan flash, dan sebagainya,” terangnya.

Dalam memotret terdapat beberapa teknik komposisi foto yang harus diperhatikan agar hasil foto menjadi pas dan enak untuk dilihat. Komposisi ini merupakan kesatuan yang harmonis dari elemen-elemen pendukung foto dengan meletakkan komposisi tepat pada tempatnya.

“Beberapa komposisi tersebut antara lain rule of third, golden shape, simetris, repetition and pattern, perspektif, frame in frame, leading lines, negative space. Selain itu terdapat  pula komposisi foto yang lain seperti komposisi foto golden spiral atau disebut dengan golden ratio, refleksi, motion blur, dan komposisi foto fill the frame,” jelasnya.

Ziyadatul menambahkan saat memotret suatu objek, seorang fotografer harus memerhatikan beberapa hal meliputi tekstur, warna, dan depth of field. “Tekstur akan terlihat dari gelap terang, kontras, atau pun bayangan yang timbul dari pencahayaan ketika pemotretan berlangsung. Warna juga perlu diperhatikan dalam dunia fotografi, warna dapat memberikan kesan yang elok pada sebuah foto apabila dikomposisikan dengan tepat. Selanjutnya adalah dept of field yang berarti rentang jarak yang ada pada objek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman atau fokus pada foto yang dihasilkan. Semua komponen tersebut perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal,” paparnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu menambah pengetahuan mahasiswa mengenai dunia fotografi. Fotografi tidak hanya soal menjepret sebuah momen lalu selesai, namun dibutuhkan pula kepekaan dan komposisi yang tepat untuk hasil gambar yang maksimal. (Bayu Aji Prasetya)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/berita/sastra-arab-fib-uns-gelar-kelas-fotografi/

Komentar