Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Ravik Karsidi dalam kunjungannya ke Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UNS, Rabu, 23/1/2019 memberikan apresiasi kepada FEB UNS yang seluruh program studinya telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

FEB telah banyak berkontribusi kepada UNS menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), diantaranya Program Studi Magister Manajemen telah terakreditasi internasional ABEST 21, Prodi S1 Manajemen tersertikasi AUN-QA, Prodi S-1 Akuntansi telah menjadi member pada lembaga pemeringkat internasional European Foundation for Management Development (EFMD) Program Accreditation System (EPAS) dan FEB juga telah menjadi member AACSB.

Dalam dialog dengan tenaga pendidik dan kependidikan FEB UNS tersebut, Ravik menjelaskan, PTN BH adalah kendaraan UNS untuk menuju World Class University. Di tahun 2021, UNS harus sudah menjadi PTN BH.

Untuk mencapai ke sana, UNS telah memiliki banyak modal, diantaranya terakreditasi A dengan skor 374 dan lima akreditasi internasional telah diraih – Abest 21 dan AUN QA. UNS masuk rangking 10 besar institusi dengan publikasi tertinggi dan hingga tahun 2018 memiliki publikasi terindeks scopus sebesar 2.738.

Dari tujuh kategori perangkingan menurut QS Star, UNS telah memiliki tiga kategori capaian yang full bintang yakni employability, social responsability dan inclusiveness.

“Semua yang telah kita capai harus ada keberlanjutannya bahkan harus lebih cepat” tegas Ravik

Lebih lanjut, dikatakannya, ada kewajban dan konsekuensi yang harus kita lakukan ketika kita berstatus PTN BH. Kita memiliki waktu 2 tahun untuk melengkapi persyaratannya dan Rektor mengajak seluruh komponen di UNS untuk bersama bekerja memenuhinya.

Dalam rangka memenuhi kewajiban untuk menyelenggarakan UNS sebagai PTN-BH, Ravik dalam pakta integritasnya akan melengkapi persyaratan setelah izin diterbitkan diantaranya peningkatan mutu kinerja akademik, organisasi kelembagaan, tata kelola dan keuangan, sumber daya manusia serta penelitian dan inovasi.

#Tetri Wahyu- Humas FEB

Komentar

Shares