Pusat Studi Bencana LPPM UNS Mengadakan Konferensi Nasional FPT PRB

Total
0
Shares

PSB

Dalam rangka untuk mempromosikan budaya pengurangan risiko bencana yang termasuk di dalamnya pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan, UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction), pada tahun 2009 telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan Pengurangan Risiko Bencana Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction). Sedangkan di Indonesia Peringatan Pengurangan Risiko Bencana telah menjadi agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun – Yogyakarta (2011), Yogyakarta (2012), Mataram (2013) dan Bengkulu (2014). Pada tahun 2015 Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana dilaksanakan di Solo pada tanggal 16 – 18 Oktober 2015, yang kegiatannya dipusatkan di Hotel Sunan dan Benteng Vastenburg Solo, dengan tema “Pengurangan Risiko Bencana Untuk Pembangunan Berkelanjutan”.

Berkenaan dengan kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana, Pusat Studi Bencana (PSB) LPPM UNS mengadakan tiga kegiatan yaitu Konferensi Nasional Forum Perguruan Tinggi Untuk Pengurangan Risiko Bencana (FPT PRB), Musyawarah Nasional FPT PRB dan Pameran produk – produk teknologi tepat guna hasil penelitian.

Ketua Panitia kegiatan tersebut, Sorja Koesuma, mengatakan bahwa Konferensi Nasional FPT PRB dilaksanakan di Hotel Sunan pada tanggal 17 Oktober 2015 dengan tema Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana Dalam Pembangunan Untuk Mendukung Perwujudan Kemandirian Ekonomi. Konferensi Nasional ini dihadiri oleh lebih kurang 110 partisipan dengan 34 presenter makalah dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Hasil dari konferensi ini akan dibukukan dalam bentuk proseding dan akan dimuat dalam Jurnal Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Di waktu terpisah juga telah dilaksanakan Musyawarah Nasional FPT PRB yang bertempat di LPPM UNS pada tanggal 17 Oktober 2015. Hasil dari Musyawarah Nasional FPT PRB adalah terpilihnya kepenguruan FPT PRB periode 2015 – 2018 yaitu Ketua: Eko Teguh Paripurno (UPN Veteran), Sekretaris: Endang Hilmi (UNSOED), Bendahara: Tukino (STKS Bandung), Divisi Pengembangan dan Jejaring: Sorja Koesuma (UNS), Divisi Penelitian: Irwan Meilano (ITB), Divisi Pendidikan: Nafryzal Carlo (UBH), Divisi Pengabdian: Arif Rianto (UPN Veteran).

Pusat Studi Bencana LPPM UNS juga berpartisipasi dalam Pameran Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang dilaksanakan di Benteng Vastenburg Solo pada tanggal 16 – 18 Oktober 2015. Pameran ini terdiri dari booth – booth BNPB, BPBD Propinsi, BPBD Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, LSM Internasional/Nasional, Perguruan Tinggi dan dunia usaha yang keseluruhan lebih kurang 120 booth, sedangkan PSB mewakili UNS mendapatkan booth nomer 97 yang berdekatan dengan booth Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhamadiyah Surakarta dan Forum Perguruan Tinggi. Produk yang ditampilkan dalam booth PSB adalah produk – produk teknologi tepat guna yaitu Sistem Peringatan Dini Banjir dan Tanah Longsor serta hasil penelitian berupa peta rawan bencana dan peta risiko bencana. Diharapkan output dari pameran ini dapat mengangkat PSB UNS pada tataran nasional dan menjadi income generating bagi PSB untuk produk Sistem Peringatan Dini Banjir dan Tanah Longsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like