PROKER KKN UNS DALAM MENCIPTAKAN DESA WISATA DI KABUPATEN WONOSOBO

 erorejo lobang-sewu : PROKER KKN UNS DALAM MENCIPTAKAN DESA WISATA DI KABUPATEN WONOSOBODesa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang saat ini keberadaannya mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata alternatif di Kabupaten Wonosobo. Dengan memberi sedikit sentuhan serta kemasan promosi yang sesuai, Erorejo akan mampu tampil sebagai salah satu desa wisata unggulan yang bisa menjadi andalan tak hanya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, namun juga wahana edukatif bagi para pelajar. Diperlukan pengelolaan yang optimal, bukan hanya mengandalkan potensi alamnya saja melainkan juga diperlukan pembenahan sarana pendukungnya. Karena merupakan sebuah waduk, beberapa sarana pendukung yang diperlukan adalah kapal atau perahu kecil dan beberapa peralatan standar pengamannya sebagai sarana transportasi menikmati keindahan waduk. Dengan berwisata didesa Erorejo, para wisatawan bisa mendapat keindahan wahana air di waduk, sekaligus dapat membeli produk kerajinan khas serta makanan olahan yang layak untuk dicoba.

Sejak dicanangkannya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Sebelas Maret, sedikit banyak program kerja (Proker KKN) yang digulirkan telah memberi nilai tambah bagi masyarakat binaan KKN UNS seperti yang dilakukan melalui KKN Kemitraan UNS periode Januari – Pebruari 2016 di Desa Erorejo, Sumber Rejo dan Karanganyar Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo dimana telah melaksanakan program kerja dengan cara menggali potensi ekowisata dan mengembangkan rintisan desa wisata dimana program utama dari kegiatan KKN tersebut berkaitan dengan pembuatan video company profile potensi ekowisata di wilayah sekitar Waduk Wadaslintang.

Menurut salah satu Pembimbing KKN dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS Firdastin, S.Sos M.Si, kegiatan ini mendapat apresiasi yang besar dari Pemerintah Kabupaten Wonosobo yaitu dari Bapeda dan Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo serta apresiasi dari media cetak maupun media online guna meningkatkan jumlah wisatawan dimasa yang akan datang melalui potensi wisata yang saat ini sedang dikembangkan.

Dengan mengambil tema “Menggali pesona Wisata, Eduwisata dan Kelompok Sadar Wisata” yang digelar oleh mahasiswa peserta KKN dari UNS yang terdiri dari mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi program S1 transfer, mahasiswa dari Fakultas MIPA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, mahasisa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan mahasiswa Fakultas Teknik Universits Sebelas Maret ini mencoba mengajak peran serta semua pihak yang terdiri dari perangkat desa, pengelola Desa Wisata serta perwakilan pemuda dari Desa Erorejo, Karanganyar dan Sumberejo dalam mewujudkan desa wisata sehingga dengan peran serta semua pihak tersebut diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Wonosobo khususnya di Kecamatan Wadaslintang sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia dimasa depan dapat diwujudkan.

bebatuan-di-lobangsewu-1

Beberapa eksotika Desa Erorejo Wadaslintang Wonosobo dapat dilihat di link berikut ini. https://wonosoboekspres.wordpress.com/2015/07/14/menemukan-pemandangan-eropa-di-erorejo/

You May Also Like