Program Studi S1 Akuntansi FEB UNS Adakan Visiting Lecturer Bersama Evan Lau

Total
0
Shares

Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Visiting Lecturer in Methodology of Research dengan pembicara Assoc. Prof. Evan Lau dari Univesiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), Selasa-Rabu (24-25/11/2020).

Dalam sambutannya,  Agung Nur Probohudono, Ph.D, Kepala Prodi S1 Akuntansi FEB UNS menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Evan yang telah bersedia membagikan pengalaman baru kepada mahasiswa tentang metodologi penelitian.

“Meskipun dilaksanakan secara virtual,  semoga kondisi saat ini tidak mengurangi nilai dari kuliah tersebut. Metodologi penelitian sangatlah penting mengingat mata kuliah tersebut dapat memberikan pengetahuan mengenai langkah-langkah dan metode yang tepat dalam melaksanakan riset akhir”paparnya.

Sementara itu.  Prof. Evan kepada mahasiswa yang FEB UNS yang sedang menempuh mata kuliah metodologi penelitian dan beberapa dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menyampaikan berbagai definisi dari penelitian dan alasan mengapa penelitian diperlukan.

Penelitian adalah proses mencari dan investigasi, untuk mencari ‘truth’ dari sebuah kejadian atau kondisi, yang harus dilakukan sesuai dengan metodologi, sistematis, dan mengikuti kaidah serta etika penelitian,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan secara rinci mengenai aspek-aspek dalam sebuah penelitian, termasuk di dalamnya 3C yaitu concentration, commitment, dan continuity. Sesi pertama ditutup dengan tanya jawab antara pembicara dengan peserta yang berlangsung secara interaktif.

Prof. Evan juga memaparkan mengenai problem statement atau rumusan masalah yang berhubungan dengan topik penelitian apa yang menarik dan bagaimana mengindentifikasi permasalahan yang bisa menjadi topik penelitian.

“Dalam memulai penelitian kita harus berangkat dari ketidakpastian, keraguan, pertanyaan, atau permasalahan. Jika sudah ada jawaban dari permasalahan tersebut, jangan lakukan penelitian itu. Atau lakukan pengembangan dari apa yang telah dilakukan di penelitian sebelumnya,”jelasnya.

Rumusan masalah adalah aspek yang penting karena akan mempengaruhi literatur yang harus direview, hipotesis, data yang dibutuhkan, teknik analisis yang diperlukan, serta pengambilan simpulan yang tepat.

Sebuah rumusan masalah yang baik akan mencakup beberapa hal diantaranya menjawab pertanyaan yang belum terjawab dalam literatur sebelumnya, mereplikasi penelitian sebelumnya tetapi berfokus pada objek penelitian yang berbeda, dapat memperluas atau memperdalam analisis dari penelitian sebelumnya, dan terkait dengan kondisi praktis di lapangan. Untuk hal ini, Prof. Evan mengajak peserta mencoba brainstorming ide.

Di hari kedua visiting lecturer dilanjutkan dengan pokok bahasan Research Design. Desain penelitian dapat diartikan sebagai rencana yang dilakukan untuk menjawab rumusan masalah. Desain ini mencakup teknik yang akan digunakan, objek yang akan terlibat dalam penelitian, bagaimana data dikumpulkan, dan bagaimana data dianalisis. Terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan desain penelitian antara lain sifat dari rumusan masalah, tujuan penelitian, sumber data yang tersedia, dan disiplin ilmu. (Aulia/Humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Bakti Alumni FH UNS

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Hukum UNS, terus menunjukkan eksistensinya dalam mendukung kegaiatn Kampus, Khususnya Fakultas Hukum UNS.  Banyak kegiatan yang didukung oleh Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum UNS, baik…
View Post