Prodi Sastra Indonesia FIB UNS Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Rasa semangat wajib ditanamkan di masa pandemi Covid-19 seperti ini, sama halnya Program Studi (prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS yang semangat dengan menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Terakreditasi Nasional untuk Mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat pagi (15/10/2021) secara luring dan daring melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel di jurnal-jurnal terakreditasi nasional. Hadir sebagai narasumber Sopyan Ali, S.S., M.Li dari UPT P3B UNS, dalam pemaparannya yang berjudul Kiat Menyiapkan Artikel Ilmiah & Menerbitkan Jurnal terindeks Sinta, Sopyan menjelaskan bahwa Artikel yang baik adalah artikel yang dituliskan, bukan artikel yang dipikirkan.

“Untuk bisa menghasilkan artikel yang berkualitas, perbanyaklah membaca. Karena dengan banyak membaca kita bisa membuat artikel tidak hanya berisi deskripsi saja, namun juga artikel yang daoat diperbandingkan dengan artikel lain. Hal ini yang akan menjawab perlunya kita mengambil topik pada penelitian atau artikel yang kita buat” ungkap Sopyan.

Narasumber juga menjelaskan apa itu Sinta? dan mengapa harus Sinta?. “Science and Technology Indeks (Sinta)  adalah portal ilmiah daring yang dikelola oleh Ristek Republik Indonesia, yang digagas pada tahun 2016 oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Sinta memberikan tolak ukur dan analisis, kekuatan riset masing-masing institusi untuk mengembangkan kemitraan koloboratif, hingga menganalisis tren riset dan direktori pakar” jelasnya.

Memalui Kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa sastra Indonesia dapat menulis karya ilmiah dengan baik dan dimuat di jurnal ilmiah terakreditasi nasional atau bahkan internasional. Adapun peserta sebanyak 85 yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Sastra Indonesia lintas angkatan. (Rensi)

You May Also Like