Setiap Program Studi (prodi) pasti memiliki beberapa metode atau cara untuk memoles mahasiswanya moncer dalam meraih prestasi. Hal serupa juga dilakukan oleh prodi Sastra Indonesia Fakultas ilmu Budaya (FIB) UNS, melalui kegiatan apresiasi mahasiswa berprestasi pada Rabu (31/03/2021) kaprodi Sastra Indonesia, Dr. Dwi Susanto, S.S., M.Hum membocorkan sedikit rahasia mahasiswanya mampu meraih berbagai prestasi belakangan tahun ini.

Dr. Dwi Susanto menuturkan bahwa setiap mahasiswa memiliki keunikan, dari hal tersebut dosen mata kuliah  Sejarah Sastra itu memberikan kebebasan mereka untuk berkarya dalam meraih prestasi. “Saya percaya bahwa jenengan (mahasiswa) semua ini memiliki sisi unik masing-masing, asal berjalan dihal yang positif saya bebaskan untuk berkaya untuk berprestasi tentunya. Setelah berprestasi ayo ajak dan tulari teman dan adik tingkat kalian” paparnya.

Kegiatan yang bertempat di ruang seminar FIB UNS ini dihadiri oleh lima dosen dan 20 mahasiswa berprestasi prodi Sastra Indonesia, dengan disiplin pada protokol kesehatan Covid-19. Sebagai penutup kegiatan Dr. Henry Yustanto, M.A, Wakil Dekan SDM, Keuangan, dan Logistik yang juga dosen prodi Sastra Indonesia FIB UNS, mengucapkan terimakasih dengan prestasi gemilang dari mahasiswanya.

“Kami mengucapkan  banyak terimakasih, banyaknya prestasi yang kalian raih menambah nama harum fakultas. Kami berharap dan berpesan, pencapaian terasa lengkap jika aspek konsisten dan konstannya mahasiswa berprestasi lahir setiap angkatan.  Kerap menjadi masalah  ketika ada interval waktu yang cukup panjang, terkait munculnya mahasiswa berprestasi” jelasnya.

Adapun beberapa prestasi yang sudah diraih mahasiswa prodi Sastra Indonesia adalah, juara I dalam Lomba Penulisan Artikel The Power of Communication (DPOC) 2021, juara II Lomba Videografi Tingkat Nasional Indonesia Young Leader Summit (IYLS), juara I pada Kompetisi Video Kreatif Gemilang Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, dan juara II Lomba Menulis Cerpen Kartini-Kartini’s Retrun XIV, UKM Pramuka FMIPA UNNES (tingkat nasional) tahun 2020. (Rensi)