•  
  •  
  •  
  •  
  •  

Program Studi Sastra Arab FIB UNS kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Bahasa Arab yakni TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) atau IKLA (Ikhtibar Kafa’ah al-Lughah al-‘Arabiyyah) bekerjasama dengan P2B UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diadakan di ruang 307 gedung 1, Selasa (18/02/2020). PIC kegitan ini adalah Tri Yanti Nurul Hidayati dosen Prodi Sastra Arab. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa sastra Arab angkatan 2016 dan 2017 yang berjumlah kurang lebih 60 peserta. Pembicara dalam pelatihan keterampilan bahasa Arab (TOAFL) dari dosen sastra Arab FIB UNS, yaitur Eva Farhah dan Abdul Malik, Afnan Arumi. Selain itu, prodi Sastra Arab juga menghadirkan pembicara dari UIN Sunan Kalijaga yaitu Faqih Masyhad dan Herman Adi.

Pada kegiatan Pelatihan Bahasa Arab ini dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi pertama diisi oleh pembicara dari program studi Sastra Arab FIB UNS, yaitu Abdul Malik dengan materi istima’ (menyimak) kata, kalimat, paragraf dalam bahasa Arab baik dalam bentuk dialog maupun teks. Mekanisme materi istima’ ini yaitu pembicara memperdengarkan dialog mapun teks dalam bahasa Arab oleh penutur Asli  kemudian peserta menulis dialog atau teks yang diperdengarkan. Sesi kedua, diisi oleh Eva Farhah dan Afnan Arummi dengan materi nahwu (sintaksis Arab) dan sharaf (morfologi Arab). Mekanisme materi nahwu dan sharaf ini yaitu pembicara memaparkan tentang nahwu dan sharaf kemudian memberikan contoh-contoh soal secara lisan kemudian dijawab oleh peserta. Adapun sesi ketiga, diisi dari pihak UIN Sunan Kalijaga, yaitu tes TOAFL/ IKLA yang langsung dikerjakan oleh peserta. Materi dalam tes tersebut mencakup kemahiran mendengarkan (istima’), kemahiran berbicara (kalam), kemahiran membaca (Qira’ah), dan kemahiran menulis (kitabah). Tes TOAFL/ IKLA ini berlangsung selama 2 jam 30 menit dan hasilnya dapat dilihat satu minggu setelah pelaksanaan tes tersebut.

Pelatihan Keterampilan Bahasa Arab dan TOAFl/ IKLA ini merupakan kegiatan yang akan diadakan Program Studi Sastra Arab setiap tahunnya. Karena kegiatan ini diperkuat dengan adanya kerjasama MoU antara dua institusi, yaitu Sastra Arab FIB UNS dengan P2B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tes TOAFL ini sangat bermanfaat bagi peserta khususnya mahasiswa angkatan 2016 dan 2017, karena tes ini merupakan salah satu syarat untuk ujian skripsi dengan mendapatkan score minimal 400. Selain itu, manfaat lain yang diperoleh yaitu peserta mendapatkan sertifikat resmi yang berlaku 2 tahun. Sehingga, jika terdapat mahasiswa yang mendapatkan score tinggi, maka sertifikat tersebut dapat dimanfaatkan untuk studi lanjut jenjang magister/master di perguruan tinggi yang mensyaratkan sertifikat TOAFL/IKLA. Dengan demikian, para peserta atau mahasiswa sebelum mengikuti tes ini, dapat mempersiapkan dengan belajar semaksimal mungkin, sehingga mendapatkan score yang maksimal. (Tri Yanti Nurul)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/berita/prodi-sastra-arab-kerjasama-dengan-uin-sunan-kalijaga-adakan-pelatihan-toafl/

Komentar