Prodi Sastra Arab FIB UNS Gelar Kuliah Tamu

Total
0
Shares

Program Studi (prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS menggelar Kuliah Tamu dengan mengangkat tema Membumikan Bahasa Arab di kancah Nasional dan Internasional, kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari (14,15/06/2021) melalui platform Zoom Cloud Meeting. dengan mengundang Prof. Dr. Sugeng Sugiyono, M.A. (UIN Sunan Kalijaga), Dr. Cecep Taufikurrohman, M.A. (Universitas Muhammadiyah Bandung), dan Ali Ghufron, Lc. (PT. Era Adicitra Intermedia).

 Kuliah Pakar ini dibuka oleh Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A. (Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB), dalam sambutannya Prof Tri percaya bahwa dari kegiatan ini akan menambah banyak wawasan, terkait cara membudayakan penggunaan bahasa Arab bagi mahasiswa dan khalayak umum.

“Saya yakin dari kegiatan Kuliah Pakar ini akan banyak memberikan informasi yang berguna untuk kita bersama terkait membumikan bahasa Arab di kancah nasional maupun internasional. Selamat ber Kuliah Pakar dan sukses untuk semuanya” sambut Prof. Tri.

Materi pertama disampaikan oleh Prof. Sugeng. Dalam pemaparannya menyinggung terkait tantangan membumikan bahasa Arab dari luar. “Tantangan dari luar adalah globalisasi, merebaknya bahasa amiyah/logat dalam komunikasi nasional dan internasional, kemudian penggunaan bahasa Arab Syamiah, Misriyyah, Magribiyah, dan Iraqiyah dalam sesi internasional (PBB), dan banyaknya pengaburan beberapa istilah Arab” jelasnya.

Pada hari yang sama Dr. Cecep sebagai pembicara kedua menyampaikan, keutamaan bahasa Arab yang meliputi dua aspek. “Saya akan mencoba memaparkan keutamaan bahasa Arab dari dua aspek, teologi dan peradaban kebudayaan. Pertama adalah aspek teologi mengatakan bahwa bahasa Arab adalah bahasa wahyu dan mukjizat sepanjang zaman (Al-Quran), bahasa agama, bahasa ahli surga. Kemudian aspek yang kedua adalah peradaban dan kebudayaan menegaskan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa Internasional (salah satu bahasa resmi PBB), digunakan bukan hanya oleh orang Arab, digunakan di dunia Islam (sebanyak 50 Negara), bahasa ilmu pengetahuan dan informasi (buku, majalah dan jurnal)” ungkapnya.

Melalui Kuliah Pakar ini diharapkan mampu menambah rasa confidence bagi mahasiswa dalam mempelajari bahasa Arab, selain itu pada hari terakhir (15/06) dipaparkan peluang kerja bagi lulusan Sastra Arab, yang disampaikan oleh manager PT. Era Adicitra Intermedia, Ali Ghufron. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/

You May Also Like