Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Total
0
Shares

Program Studi (prodi) S-2 Ilmu Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Senin pagi (07/03/2022) menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah secara hybrid (luring terbatas di Ruang Seminar Gedung I. Suharno Lt. II dan daring melalui Zoom Meeting) dengan pembicara Sopyan Ali, S.S., M. Li. (Staff Pengajar UPT. Pusat Pelayanan dan Pengembangan Bahasa UNS).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, FIB UNS Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A, beliau mengatakan bahwa forum semacam ini sangat diperlukan untuk mahasiswa, karena dapat menuntun pada penulisan penelitian yang lebih sistematis. “Mari kita ikuti kegiatan ini dari awal pertengahan sampai akhir denagn seksama. Melalui pelatihan ini mahasiswa yang sudah paham teori lebih tertata menulis penelitian” ungkapnya.

Melalui materinya yang berjudul Kiat Menyiapkan Artikel Ilmiah dan Menerbitkan di Junal Terindeks Sinta Sopyan Ali menjabarkan mengenai komponen kaya ilmiah dan cara mempresentasikan kebaharuan dari penelitian terdahulu yang relevan atau mirip. “Tidak bisa dipungkiri ataupun ditutupi terkadang kesamaan muncul, tugas kita sebagai peneliti adalah meyakinkannya dengan memberikan titik pembeda, misal metode, pendekatan, dan teknis analisis” ungkapnya.

Pelatihan Penulisan Artikel ini dihadiri oleh dosen, dan mahasiswa S-2 Ilmu Linguistik lintas angkatan, kegiatan semacan ini diharapkan selalu digelar setiap tahun. Selain merangsang daya ilmiah, forum ini juga dapat meningkatkan gagasan atau ide baru dari mahasiswa guna menuangkannya dalam penelitian. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/news/prodi-s-2-ilmu-linguistik-fib-uns-gelar-pelatihan-penulisan-artikel-ilmiah

You May Also Like
semnas-javanologi-2014

SEMINAR KEBUDAYAAN JAWA

Institut Javanologi LPPM UNS bekerjasama dengan Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS, Balai Bahasa Propinsi Jawa Tengah, dan Pura Mangkunagaran Surakarta akan menyelenggarakan Seminar Kebudayaan Jawa dengan tema “Reaktualisasi Nilai…
View Post