Prodi MESP Gelar Workshop Penulisan Artikel

Total
0
Shares

Program Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Workshop Penulisan Artikel dengan narasumber Dr. Agr. Sc. Ernoiz Antriyandarti, SP, MP, M. Ec, Dosen Fakutas Pertanian UNS, Rabu 7 Juli 2021.

Dihadapan sejumlah mahasiswa Prodi MESP, Dr. Ernoiz memaparkan bahwa sebelum penulis  mensubmit artikelnya perlu dievaluasi kelayakannya.

Ada beberapa indikator untuk menilai artikel itu layak atau tidak. Yang pertama adalah artikel itu harus original. Semua jurnal internasional bereputasi pasti menghendaki similarity index yang rendah, bahkan beberapa jurnal, jika ada artikel yang memiliki kemiripin 15% saja tidak bisa dilanjutkan untuk konten review, di desk evaluation sudah tertolak.

Artikel dikatakan layak publikasi adalah artikel yang ditulis sesuai dengan format jurnal yang dituju. Selain itu mempunyai kontribusi kebaruan (novelty), valid dan signifikan. Ada sesuatu yang beda dari artikel-artikel sebelumnya. Novelty tidak harus sesuatu yang benar-benar baru. Ada kebaruan dari metodenya, dari variabel yang digunakan, kebaruan dari subyek penelitian, sampel yang digunakan atau periode waktu penelitiannya.

Selain itu artikel harus ditulis dalam bahasa ilmiah yang jelas singkat dan padat.

“Salah satu kelemahan kita sebagai orang Indonesia adalah sering menulis dengan panjang dan banyak anak kalimat. Kalimat yang banyak anak kalimatnya ketika akan ditransliterasi akan membingungkan, bahasa Inggrisnya akan tampak aneh” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, beberapa artikel yang tidak berhasil biasanya karena tidak jelas state of the arts-nya, hanya paparan data, hanya menjelaskan secara deskriptif, tidak ada research gapnya. Selain itu,  fokus penelitian yang terlalu banyak. Jika fokusnya banyak sebaiknya dirampingkan,  mana garis besarnya, itu yang akan ditulis.

Dalam hal strategi menulis artikel ilmiah berkualitas, Dr. Ernoiz menyarankan agar penulis memilih proyek atau topik yang membuat penulis itu tertarik dan bersemangat untuk memajukan bidang ilmu yang penting, pertimbangkan juga topik yang diangkat bermanfaat pada kondisi terkini. Bisa juga menceritakan kisah yang hebat, dengan  memperhatikan aliran naskah.

Strategi lain agar artikel berkualitas adalah pilih jurnal terbaik untuk referensi makalah atau artikel. Beberapa jurnal internasional bereputasi sangat memperhatikan referensi yang kita gunakan. Jika referensinya banyak diambil dari jurnal yang terindeks scopus atau jurnal internasional bereputasi maka akan meningkatkan kepercayaan terhadap artikel ilmiah kita. (Humas FEB)

You May Also Like