Prodi Manajemen FEB UNS Gelar Lokakarya Kurikulum

Total
0
Shares

Program Studi (Prodi) Manajemen FEB UNS gelar Lokakarya Kurikulum, Jumat-Sabtu, 10-11 Agustus 2018 di Hotel d’Emmerick Salatiga. Kegiatan yang diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan Prodi Manajemen ini merupakan kelanjutan dari lokakarya sebelumnya yang dilaksanakan pada bulan Januari di tahun yang sama.

Finalisasi struktur matakuliah kurikulum tahun 2018, sistem informasi pendukung proses belajar mengajar serta desain tugas akhir alternatif menjadi bahasan utama yang diangkat dalam kegiatan tersebut.

Reza Rahardian, SE, M.Si, Kaprodi S1 Manajemen FEB UNS mengatakan bahwa dalam proses penyusunan kurikulum 2018, selain masukan dari para dosen, juga melibatkan alumni dan pengguna. Beberapa usulan yang substansial diantaranya penambahan materi softskill meliputi communication skills, english, conflict and time management, kepribadian dan adaptasi.

Alternatif yang ditempuh diantaranya dengan pelatihan dan talent coaching, materi softskills masuk sebagai subtansi materi kuliah yang tersebar dibeberapa matakulah tiap semester serta pelibatan praktisi/alumni.

“Beberapa matakuliah bisa disisipi materi softskill, misalnya, statistik, bisa ditambahkan dengan kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan, pembuatan desain slide yang menarik dan sebagainya, dan ini perlu pembahasan yang lebih spesifik lagi’ jelas Reza.

Reza juga menambahkan, ada perubahan pada kurikulum 2018, draf kurikulum dibuat beda dari sebelumnya, yang sekarang dalam bentuk naskah kurikulum, tidak hanya rincian matakuliah, namun dalam bentuk yang lebih lengkap meliputi visi misi, tujuan, deskripsi mata kuliah hingga kepada capaian pembelajaran. Pada kurikulum ini juga ada penambahan matakuliah dan juga pergeseran semester untuk beberapa matakuliah.

Sistem informasi pendukung Proses Belajar Mengajar (PBM) meliputi Program Kreatifitas Mahasiswa(PKM), mekanisme skripsi , seminar proposal serta ujian skripsi dipaparkan oleh Dr. Lilik Wahyudi, M.Si. Sistem ini dibangun untuk dapat merekam atau mendokumentasikan segala aktifitas PBM. Sistem ini juga memberikan manfaat lebih untuk kepentingan akreditasi.

Dimateri terakhir, Dr. Hidajat Hendarsjah , S.Si, MM menjelaskan riset project sebagai alternatif lain bagi penulisan skripsi mahasiswa yang selama ini masih menggunakan riset dasar.

Diskusi yang diwarnai dengan berbagai masukan dan kritik berjalan cukup efektif untuk lebih menyempurnakan kurikulum Prodi Manajemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like