
Bidang ilmu komunikasi sangat luas dan mencakup hampir semua sendi kehidupan. Perlu telaah dan kajian mendalam agar dapat memetakan kajian komunikasi secara lebih mendalam. Untuk itu dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar khusunya di Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS), terkait rumpun mata kuliah spesialisasi Public Relations dan Advertising, maka Prodi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan event besar yang dikemas dalam bentuk “Seminar Komunikasi Kontemporer”.
Seminar tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 2 Mei 2016, dimulai pukul 09.00- 15.00, di ruang Aula FISIP UNS gedung 1 lantai 2 dengan dua tema yang diangkat dalam seminar tersebut yaitu “Creative Content Development in Public Relations” dan “ Communication Strategy in the People Era”.
Menurut Ketua Panitia sekaligus dosen pengampu matakuliah public relations, dipilihnya dua tema tersebut dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh gambaran yang comprehenship atau menyeluruh baik dari sudut pandang ke-PR-an atau kehumasannya maupun advertising atau periklanannya.
Dua Pembicara dihadirkan pada acara seminar ini adalah Praktisi PR dan Advertising yang telah berpengalaman yaitu Satrya Pinandita ( PR Consultant Zeno Indonesia ) dari Jakarta dan Dewanto Nugroho (Co Founder / CCO Popcult Group ) dari Jakarta. Materi yang disampaikan oleh Bapak Satrya sebagai seorang PR Consultant menekankan pentingnya research dalam kreatifitas content pada Public Relations. Sedangkan Bapak Dewanto dari Advertising Agency lebih menekankan pada strategi komunikasi periklanan di era perkembangan new media yang sedang marak saat ini atau yang biasa disebut sebagai “People Era”.
Sasaran utama dari seminar ini ditujukan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi semester VI yang menempuh mata kuliah spesialisasi Public Relations dan Advertising, dan juga diikuti oleh mahasiswa Komunikasi Non Reguler serta D3 Komunikasi Terapan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa perwakilan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta. Tujuan diselenggarakan seminar ini adalah agar mahasiswa selain mendapatkan ilmu secara teoritis dari dosen pengampu mata kuliah di kelas, juga mengetahui secara langsung aplikasi ilmu tersebut dengan contoh-contoh kasus yang terjadi di dunia kerja dari para praktisi yang banyak berkecimpung dalam PR Consultant dan Advertising Agency.
Selain pemberian materi dan diskusi, para pembicara juga memberikan challenge kepada mahasiswa secara berkelompok untuk dipresentasikan di akhir acara. Peserta yang memenangkan challenge tersebut diberi hadiah berupa kaos, voucher belanja serta diberi kesempatan untuk magang di Popcult Group. (Maryani FISIP)