Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) mengadakan webinar bertajuk “Sustainability Reporting, Integrated Reporting, ESG Reporting, and Laporan Keberkelanjutanthe IFRS Foundation Initiative Aiming for Mandatory Reporting, pada Senin, 25 Oktober 2021, via Zoom Cloud Meeting dan Youtube Livestreaming di FEB UNS Youtube Official Channel.

Webinar yang merupakan bagian dari Series of International Class Opening Activities yang diinisiasi oleh Prodi S1 Akuntansi di tahun 2021 dan melibatkan 13 universitas partner tersebut menghadirkan Dr. Elvia R. Shauki dari Universitas Indonesia (UI) sebagai pembicara tunggal.

Dr. Mugi Harsono, Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi FEB UNS, mewakili sambutan Dekan FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto, menyampaikan topik webinar ini merupakan topik yang sangat penting dan perlu di perhatikan oleh perusahaan.

“Di Indonesia, sustainability report (laporan keberlanjutan) adalah merupakan bagian yang wajib dicantumkan dalam laporan keuangan tahunan berdasarkan peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ungkap Dr. Mugi.

Lebih lanjut beliau dikatakan bahwa tujuan dari kelas internasional adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di FEB UNS, meningkatkan hubungan baik antara FEB UNS dengan universitas partner, memperkaya pengalaman belajar mahasiswa melalui partisipasi dalam interaksi langsung antara UNS dan universitas partner, serta meningkatkan reputasi akademik FEB UNS dan Indonesia secara umum di bidang bisnis, ekonomi, dan ilmu sosial.

Mengawali presentasinya, Dr. Elvia menyatakan bahwa sustainability reporting ini penting karena terdapat kemungkinan bahwa pengungkapan ini akan menjadi sebuah laporan wajib (mandatory report) yang harus dilakukan oleh perusahaan saat kalian lulus nanti.

Tujuan dari materi yang akan disampaikannya adalah untuk memahami apakah harmonisasi dari laporan berkelanjutan, yang termasuk didalamnya adalah framework (kerangka), akan segera berlangsung.

Di kesempatan tersebut, Dr. Elvia menjelaskan beberapa poin terkait laporan keberlanjutan seperti istilah-istilah dalam sustainability reporting, pengertian dari sustainability reporting, alasan pengungkapan sustainability report, dan peran akuntan.

“Sustainability reporting sering juga dikenal dalam beberapa nama lain seperti Corporate Social Reporting, Triple Bottom Line Reporting, ESG, Laporan Keberlanjutan, dan lain sebagainya. Perbedaan dari berbagai macam penamaan ini terletak pada coverage (cakupan) dan audiens dari laporan tersebut,” jelas Dr. Elvia terkait definisi laporan keberlanjutan yang seringkali memiliki beberapa sinonim.

Dalam acara yang berlangsung secara interaktif tersebut Dr. Elvia juga menjelaskan alasan untuk melakukan pelaporan sustainability serta teori yang dapat digunakan untuk menganalisa alasan perusahaan melakukan pelaporan sustainability seperti institutional theory dan positive accounting theory.

Selama acara peserta diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada Dr. Elvia ataupun secara tertulis melalui Zoom Chatbox. Diakhir acara terdapat undian hadiah bagi peserta yang aktif bertanya dan sesi foto bersama.

Reporter: Aulia

Editor: Humas FEB