Predikat A (Unggul) Diraih Prodi Sastra Arab, Setelah Asesmen Lapangan (AL) oleh BAN-PT

Total
0
Shares

Sinar sang surya merekah menembus tirai awan yang megah, senyum kelegaan dan kegembiraan nampak tersirat dari Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Uiversitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Tertanggal 30/09/2020 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  dengan Surat Keterangan No: 6114/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020, menetapkan peringkat akreditasi Program Studi Sastra Arab dengan predikat A (Unggul).

Rangkaian Asesmen Lapangan (AL)  oleh BAN-PT dilakukan pada Senin-Selasa (21-22/09). Masa pandemi Covid 19 saat ini berdampak meluas bagi seluruh aspek termasuk dunia pendidikan, praktis membuat seluruh kegiatan yang melibatkan kerumunan orang banyak harus dibatasi dalam rangka pembatasan sosial. Begitupun AL kali ini praktis beraktivitas melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Adapun Assesor yang ditunjuk oleh BAN-PT dalam AL daring ini adalah,  Prof Dr. H. Sugeng Sugiyono, MA dari UIN Sunan Kalijaga dan Prof. Dr. H. Yayan Nurbayan, M.Ag dari  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Mendapat predikat A (Unggul) bukan semudah membalikan telapak tangan, ada banyak cerita perjuangan dengan dinamika didalamnya. Dengan lugas namun tetap anggun Dr. Eva Farhah, S.S., M.A Ketua Program Studi Sastra Arab FIB UNS, menuturkan secara seksama dinamika perjuangan hingga bisa di posisi saat ini.

 

Dalam rentang waktu 2010-2020 tersebut, Program Studi Sastra Arab telah melakukan planning, organizing, staffing, leading, conttroling dan evaluating dalam rangka mencapai tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang sesuai dengan arah renstra perguruan tinggi. Termasuk salah satu tahap evaluasi diri Program Studi tertuangkan dalam suatu kegiatan Akreditasi dan Re-Akreditasi program studi yang diajukan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Besarnya rasa tanggung jawab ini memupuk Stake Holder, Alumni, Masyarakat umum, Orang tua mahasiswa, Mahasiswa, Bapak dan Ibu dosen, Pihak-pihak terkait serta Pejabat pemangku kebijakan untuk nyengkuyung (ikut membantu) bersama segala bentuk kegiatan Program Studi, hingga akhirnya Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya ini dapat meraih Akreditasi A terhitung semenjak tanggal 30 September 2020 sampai dengan 30 September 2025” tuturnya

Keberhasilan meraih predikat A tidak lepas dari andil besar Rektor Universitas Sebelas Maret; Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum beserta jajarannya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya; Prof. Dr. Warto, M.Hum beserta jajarannya, Ketua LPPMP; Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. beserta jajaran, termasuk Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum Koorbid SPME yang secara intens mendampingi mulai simulasi sampai pelaksaana dan semua Tim solid yang terlibat di dalamnya, dan beberapa pihak lain yang ikut serta mendorong kesuksesan prodi Sastra Arab.

“Kami, dari Program Studi Sastra Arab mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala daya, upaya dan dukungan yang telah tercurahkan kepada kami. Peraihan akreditasi A ini merupakan langkah awal bagi Program Studi Sastra Arab untuk terus melangkah dan berkarya menuju taraf interasional sebagaimana yang telah kami angankan dan janjikan dalam visi Program Studi, serta untuk mewujudkan UNS Go International dan mendunia. Jayalah FIB dan UNS, UNS BISA” pungkas Dr. Eva.

 

Sumber : https://fib.uns.ac.id/news/predikat-a-unggul-diraih-prodi-sastra-arab-setelah-asesmen-lapangan-al-oleh-ban-pt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like