PPM FEB UNS Gelar Pelatihan Managing Team Dynamics

Total
0
Shares

Pusat Pengembangan Manajemen (PPM) FEB UNS bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional Kota Surakata gelar pelatihan Managing Team Dynamics, Sabtu, 6 Mei 2017 di Hotel Grand HAP, Laweyan, Surakarta.

Kegiatan yang diikuti oleh 91 pegawai dan para pimpinan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Surakarta menghadirkan lima narasumber dari FEB UNS yaitu Dr. Ahmad Ikhwan Setiawan, SE., MT, Dr. Hidajat Hendarsjah, SSi., M.M., Dra Anastasia Riani Suprapti, M.Si, Yeni Fajarianti, SE., M.Si dan Ahmad Mujahid, SE., Msi.

Paket pelatihan Managing Team Dynamics dirancang secara khusus oleh PPM FEB UNS bagi para pegawai dan pimpinan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Surakarta untuk mengelola beberapa masalah terpilih dalam ruang lingkup task reflexivity dan social reflexivity pada tim kerja, yaitu mengenali team characteristics dan team diversity, serta mengelola team processes dan team communication.

“Dengan pelatihan ini, para peserta diharapkan memperoleh pemahaman, persamaan persepsi dan kesiapan secara komprehensif tentang konsep-konsep dan implementasi pengelolaan team dynamics serta memperoleh profil umum tentang situasi team dynamics di unit-unit kerja di Kantor Badan Pertanahan Nasional Surakarta”’ papar Akhmad Ikhwan.

Lebih lanjut dijabarkan Ikhwan bahwa secara umum keefektifan tim kerja dapat dikelompokkan menjadi dua dimensi, yaitu task reflexivity atau kinerja tim dalam mewujudkan tugas tim dan social reflexivity atau kinerja tim dalam mengelola proses interaksi intra tim maupun antar tim di organisasi. Kedua dimensi inilah yang harus dikelola setiap tim kerja di organisasi untuk menjadikannya sebagai tim yang efektif.

Proses pelatihan untuk memahamkan kedua dimensi work team effectiveness dilakukan dengan menggunakan kombinasi tiga metode, yaitu: bedah kasus berdasarkan kedua dimensi work team effectiveness, proses klasikal untuk memberi pemahaman dasar tentang konsep manajerial, dan self-assessment tentang profil team dynamics pada tim-tim kerja/unit kerja di Kantor Badan Pertanahan Nasional Surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like