Proses pembelajaran di semester ganjil Tahun Akademik 2018/2019 telah selesai dilaksanakan, bulan Januari 2019 kemarin.  Untuk menilai keberhasilan proses kegiatan pembelajaran di FISIP UNS mulai dari Prodi Diploma, Prodi Sarjana dan Prodi Pascasarjana  di semester Agustus-2018-Januari 2019,  maka pihak akademik FISIP UNS menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka persiapan pencapaian tujuan pembelajaran dan target kinerja di FISIP UNS,   evaluasi pembelajaran semester Agustus 2018-Januari 2019 dan persiapkan proses pembelajaran di semester Februari- Juli 2019 mendatang.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan Kamis, 7 Februari 2019, mulai pukul 09.00-11.30 WIB,  bertempat di ruang  Seminar FISIP UNS, gedung 1 lantai 2 dihadiri oleh segenap dosen pengajar, baik dosen tetap PNS maupun non PNS FISIP UNS. Beberapa agenda telah dipersiapkan oleh pimpinan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan diantaranya terkait dengan laporan akuntabilitas kinerja institusi pemerintah atau  LAKIP 2018 yang berisi  capaian kinerja FISIP UNS mulai dari bidang akademik, bidang umum dan keuangan, dan bidang kemahasiswaan dan Alumni. Disamping bahan evaluasi lain seperti prestasi dosen atau mahasiswa ditingkat nasional atau internasional dan indicator lain yang tercantum dalam kontrak kinerja rector dengan pimpinan FISIP UNS sampai kebawah ditingkat pelaksana dosen atau tenaga kependidikan.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyampaikan  bahwa  sebagai bahan pembelajaran di semester berikutnya, FISIP UNS harus memahami bagaimana keberhasilan capaian dipembelajaran berikutnya. Salah satu indikator yang telah ada adalah melalui capaian LAKIP FISIP UNS. LAKIP merupakan dokumen yang berisi gambaran perwujudan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dalam hal ini FISIP UNS, yang berisi pertanggungjawaban keberhasilan maupun kegagalan visi  dan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan  yang disusun dan disampaikan secara sistematik dan periodik setiap tahunnya. Sebagai potret awal, maka apapun yang dilaksanakan untuk semester berikutnya harus didasarkan pada target kinerja dan indikator kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya. Setiap kegiatan diharapkan  dapat meningkatkan  indikator kinerja FISIP UNS.

Disisi lain dibidang pembelajaran  semester Pebruari –Juli 2019, Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. Sudarmo, MA, Ph.D  memberikan masukan dan arahan tentang kepatuhan dosen dalam meng-input nilai, kualitas proses pembelajaran, pelaksanaan ujian, dan penggunaan sistem pembelajaran lain yang menunjang kegiatan belajar mengajar di FISIP UNS dikaitkan dengan beban kerja dosen (BKD).  Diharapkan dengan adanya evaluasi dan rapat persiapan menyambut semester baru, maka kualitas dan proses pembelajaran di FISIP UNS  menjadi lebih baik dan berdampak positif  terkait kualitas lulusan, masa tunggu mendapatkan pekerjaan, dan sistem pembelajaran yang dilaksanakan. (Maryani FISIP UNS)

Komentar

Shares