Berita Fakultas Ilmu Budaya

Peringati Hari Musik dan Film Nasional, KMF FIB Gelar “Niti Karyo #2”

Sebagai penikmat musik dan film di tanah air, tentu ikut merasa bangga dengan perkembangan film dan musik saat ini. Hal ini dapat dilihat dari maraknya film yang diproduseri oleh anak bangsa. Film ini sebagai penyeimbang eksistensi film dari luar negeri yang secara kualitas tidak bisa diremehkan dan mampu membuat pecinta film di Indonesia berpaling dari film lokal.

Begitu pula pada perkembangan musik yang tidak mau ketinggalan. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai jenis musik yang mewarnai musik tanah air. Termasuk di dalamnya keberadaan band-band papan atas ataupun band-band indie yang menyebabkan musik-musik di Indonesia semakin berkembang.

Berangkat dari hal tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Film dan Musik (KMF) Fakultas Ilmu Budaya menyelenggarakan kegiatan Niti Karyo #2. Kegiatan ini diusung dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret dan Hari Film Nasional pada tanggal 30 Maret kemarin. Adapun tema yang diangkat adalah Keselarasan Cinta dan Budaya. Berlangsung di Argobudoyo UNS pada hari Kamis (10/5).

Kegiatan ini berisi lomba dan pentas musik. Lomba terbagi menjadi dua kategori : pembuatan film pendek dan lomba full band. Pendaftaran dan seleksi sudah dilakukan pada awal Mei 2018. Peserta berasal dari komunitas musik dan film di Jatim, Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sebut saja anatara lain : SMA NEGERI 2 Kebumen, MAN 1 Ngawi, KMF FIB UNS, Universitas Airlangga, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, SMA Negeri 1 Sukoharjo, Seiba Insuri Ponorogo, Gas 21 IAIN, Ganesha UTP dan lain sebagainya. Pengumuman pemenang dilakukan pada acara puncak pada tanggal 10 Mei 2018.

Pada sambutan pembuakaan pada acara puncak di Argobudoyo tersebut, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan,”Kami sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan ini sebab akan mampu meningkatkan kemampuan pelajar dan mahasiswa di bidang minat dan bakat. Sehingga mampu menghasilkan karya-karya yang berkualitas.”

“Di samping itu dapat menumbuhkan sikap sportif dan kompetitif di antara mereka,” lanjut beliau dihadapan seratusan lebih peserta yang hadir.

Para peserta tampak antusias dan acara berlangsung meriah karena ditampilkan pentas musik band-band tamu dari pelajar SMA dan mahasiswa. Kemudian pada akhir kegiatan panitia penyelenggara mengumumkan para pemenang lomba. Tampil sebagai pemenang adalah :

Kategori musik

Juara 1: band dari SMAN 1 Sukoharjo

Juara 2: band KMF FIB UNS

Kategori film

Juara 1: SMAN 2 Kebumen

Juara 2: MAN 1 Ngawi

Juara 3: KMF FIB UNS

Imbang Sutrisno selaku ketua panitia berharap dengan kegiatan ini mampu memberikan wawasan musik dan film bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas. Salah satunya dengan cara membedah suatu karya dari film dan musik serta mengapresiasi karya film dan musik yang telah dibuat.

Sumber: http://fib.uns.ac.id/berita/peringati-hari-musik-dan-film-nasional-kmf-fib-gelar-niti-karyo-2/

Komentar

Shares