Di era globalisasi sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat, maju dan canggih. Dan perkembangannya dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial maupun budaya. Disamping sisi positif yang dapat kita raih, namun terkadang sebaliknya. Sebagai contoh adalah nilai-nilai kearifan lokal yang mulai tidak dipahami dan ditinggalkan.

Oleh sebab itu perlu motivasi bagi generasi muda agar senantiasa menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal, sehingga identitas bangsa tetap dipertahankan.

Berangkat dari kondisi di atas, Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya menggelar Lomba Pidato Berbahasa Jawa Mahasiswa Tingkat Nasional pada hari Rabu, (2/5) di Ruang Seminar. Kegiatan perdana ini dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Budaya, sekaligus dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-42 Universitas Sebelas Maret. Diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari 14 Perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.  Tersebar dalam enam propinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, DKI Jakarta dan Bali.

Dalam sambutan pembukaan, ketua panitia Dies Natalis UNS ke-42 sekaligus Dekan Fakultas Teknik, Sholihin As’ad mengungkapkan,”Saya mengapresiasi kepada segenap panitia dan peserta yang hadir. “Ini sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangakan budaya kita. Yang penting adalah menjaga jati diri di tengah upaya kita untuk internasionalisasi dan perkembangan globalisasi ini. Justru inilah yang mampu kita unggulkan. “

Senada dengan hal tersebut Imam Sutardjo, Ketua Panitia yang juga Dosen Prodi Sastra Daerah juga mengatakan, “Salah satu tujuan kegiatan ini adalah melestarikan dan mengembangakan bahasa, sastra dan budaya Jawa di era globalisasi. Dewasa ini yang cenderung dijauhi, tidak diminati dan ditingggalkan oleh generasi muda.”

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan meningkatkan rasa cinta, dan berupaya membangkitkan kembali pada bahasa dan budaya Jawa,” lanjut beliau di hadapan hadirin yang hadir.

Lomba berlangsung sehari, dengan 3 juri yang sangat berkompeten di dalamnya. Dari 45 peserta diambil 6  terbaik. Tampil sebagi pemenang adalah sebagai berikut :

  • Juara 1 : Murni Suharyanti (UNS)
  • Juara 2 : Noer Kholis (UNNES)
  • Juara 3 : Pratama K. Sari (UGM)
  • Juara harapan 1 : Sandra Vismanti (UNNES)
  • Juara harapan 2 : Dian Prakosa (UNS)
  • Juara harapan 3 : Suci Ning Tyas (UNS)

Supana, selaku Kaprodi Sastra Daerah berharap, melalui kegiatan semacam ini nilai-nilai luhur budaya Jawa dapat lestari dan dikembangkan serta dipraktekkan dalam kehidupan di masyarakat.

Sumber: http://fib.uns.ac.id/berita/perdana-fakultas-ilmu-budaya-gelar-lomba-pidato-berbahasa-jawa/

Komentar

Shares