Pelatihan Mendokumentasikan Hasil Konsultasi Pembimbingan Akademik

Total
0
Shares

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS adakan Pelatihan Mendokumentasikan Hasil Konsultasi Pembimbingan Akademik (PA) pada Siakad, Jumat, 12 Agustus 2016 di Laboratorium Komputer FEB. Kegiatan yang diikuti oleh tenaga pendidik (dosen) FEB dibagi menjadi 3 sesi, pukul 09.00 sd 10.00, pukul 10.00-11.00, pukul 14.00-15.00 dan dipandu oleh Kasubbag Pendidikan – Bp Wahyono serta 3 orang instruktur dari staf akademik. “Kegiatan dalam bentuk simulasi ini merupakan sarana untuk mendokumentasikan melalui Siakad (Sistem Informasi Akademik) semua proses Pembimbingan Akademik (PA) yang dilakukan antara dosen dan mahasiswa. Pendokumentasian PA melalui siakad  akan diberlakukan pada semester Agustus 2016-Januari 2017 dan akan dievaluasi secara bertahap. Dosen diharapkan untuk dapat mengingat user dan password siakad masing-masing agar mempermudah proses konsultasi. Sosialisasi kepada mahasiswa akan langsung melekat pada Siakad saat mahasiswa akan melakukan Pengambilan Mata Kuliah (PMK)  yang dijadwalkan  hari Senin –Jumat, tanggal 15-19 Agustus 2016 ” jelas Bp Wahyono SP selaku Kasubbag Akademik FEB .

 

IMG_5318 IMG_5301IMG_5310

Jenis konsultasi ada tiga  yaitu Konsultasi Kartu Rencana Studi (KRS), Konsultasi Tengah Semester dan Konsultasi Akhir Semester. Alur konsultasi mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Akademik adalah sebagai berikut:
1. Mahasiswa melakukan konsultasi secara offline (tatap muka langsung)- tanggal konsultasi didokumentasikan secara online 2. Mahasiswa mendokumentasikan konsultasi secara online-mahasiswa mengisi form konsultasi secara online (judul dan isi konsultasi), 3. Dosen mengisi tanggal kapan mahasiswa konsultasi secara offline, 4. Dosen merespon konsultasi mahasiswa yang ditulis secara online-akan muncul informasi setiap kali dosen login Siakad jika mahasiswa melakukan konsultasi melalui Siakad, 4. Dosen menvalidasi KRS mahasiswa. Apabila dosen tidak menvalidasi konsultasi mahasiswa, maka matakuliah yang diambil mahasiswa akan tercoret, berarti matakuliah tersebut tidak diakui dan mahasiswa belum bisa mengikuti aktifitas perkuliahan.

Para dosen mengikuti pelatihan dengan seksama hingga usai. Agar proses Pembimbingan Akademik melalui siakad ini dapat berjalan dengan lancar, maka diperlukan kerjasama yang baik antara dosen, mahasiswa dan juga staf akademik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like