Pelatihan Crowdmap sebagai Penyusunan Peta Partisipatif Di Kerja Kelas Sosiologi Perkotaan

Total
0
Shares

Pelatihan Crowdmap sebagai Penyusunan Peta Partisipatif  Di  Kerja Kelas Sosiologi Perkotaan

Sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran adalah pemanfaatan media digital dalam pembelajaran. Salah satunya adalah pembelajaran di Program Studi S1 Sosiologi FISIP UNS dalam matakuliah Sosiologi Perkotaan yang banyak berkecimpung tentang beberapa fenomena yang ada dimasyarakat perkotaan. Perkembangan baik dari segi geografis maupun sosiologisnya  memerlukan penanganan yang terpadu dari pihak-pihak yang berkepentingan agar pembangunan yang dilakukan dalam berjalan sinergi.

Beberapa fenomena dalam sosiologi perkotaan ini, mencoba dibuatkan pemetaan informasi yang beragam melalui sebuah aplikasi OpenStreetMap  yaitu  sebuah alat untuk membuat dan berbagi informasi dalam bentuk peta. Sebagai pembekalan awal bagi mahasiswa, Dosen pengampu mata kuliah Sosiologi perkotaan Ahmad Ramdhon,S.Sos, MA bekerjasama dengan komunitas OSM yang ada di Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Crowdmap dalam  Penyusunan Peta Partisipatif  untuk  Kerja Kelas Sosiologi Perkotaan. Pelatihan ini diikuti 14 orang yang merupakan  ketua kelompok kelas sosiologi perkotaan, dan  dilaksanakan Rabu, 18 September 2019 di Ruang Siang 1 Gedung 4 Lantai 2 FISIP UNS.

Menurut Ahmad Ramdon, MA, dalam pelatihan  OpenStreetMap   (OSM), siapapun dapat berkontribusi untuk OSM, dengan cara  menambahkan proyek  peta informasi setiap harinya. Peta informasi yang dibuat bersifat digital sehingga mudah diaplikasikan dan disesuaikan dengan penambahan informasi dari para anggotanya diseluruh dunia. Peta digital dengan OpenStreetMap membuat setiap orang dapat berbagi dan memberikan manfaat bagi orang banyak terutama terkait tentang perubahan dan penambahan pada peta di seluruh dunia baik yang terkait dengan sarana prasana fisik maupun non fisik sekalipun misalnya tentang pemetaan kemiskinan, daerah rawan bencana, daerah wisata dan sebagainya. (Maryani FISIP UNS)  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like