Pada hari Jum’at (19/02/2021) bertempat di R. Aula Gedung C Fakultas Matematika dan Ilmu Pemgetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dilaksanakan pelantikan Pengurus Keluarga Alumni FMIPA UNS periode 2020-2024. Hadir pada acara prosesi pelantikan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. mewakili Rektor.  Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., Sekjen IKA UNS Pusat, Drs. Bambang Dwi Wahyudi. Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Sutanto, S.Si., DEA, Dekan FMIPA Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph. D beserta jajaranya. Pengurus IKA UNS Pusat dan Pengurus KA FMIPA UNS. Selain dilakukan secara luring, pelantikan juga diikuti secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Prof. Yunus mengapresiasi kepada alumni FMIPA yang telah berperan aktif baik ditingkat regional maupun nasional.

“Fakultas MIPA luar biasa, karena alumninya sudah bercokol ditingkat nasional yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Keluarga Alumni FMIPA,” ujar Prof. Yunus.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS Pror. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S memberikan sambutan pada pelantikan Keluarga Alumni FMIPA, Jum’at (19/02/2021)

Lebih lanjut Prof. Yunus mengatakan bahwa peran alumni sangat penting, karena perguruan tinggi tidak bisa lepas dari jejaring. Semakin luas jejaring alumni maka semakin kuat perguruan tinggi dimaksud. Kuatnya jejaring alumni baik ditingkat swasta maupun pemerintah berpengaruh terhadap kualitas maupun sarana dan prasarana isntitusi. Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Prof. Yunus kepada Dekan dan Pimpinan Fakultas yang teah berperan aktif untuk menguatkan jejaring alumni. Beliau berharap kedepannya alumni FMIPA bisa sejajar dengan alumni dari Fakultas lain yang lebih tua dan berkontribusi nyata untuk kemajuan UNS.

“Semoga kedepan alumni FMIPA bisa sejajar dengan alumni fakultas lain, dan semoga tetap jaya dimasa yang akan datang,” terang Prof. Yunus.

Pelantikan pengurus KA FMIPA sendiri dilakukan secara simbolis oleh Sekjen IKA UNS Pusat, Drs. Bambang Dwi Wayudi mewakili ketua umum yang berhalangan hadir. Dilantik sebagai Ketua adalah Imam Bustomi, alumni Program Studi Matematika. Sementara sebagai Sekretaris Jenderal KA FMIPA adalah Fendy Prasetyo Nugroho, alumni D3 Teknik Informatika.

Dalam sambutan pelantikannya, Drs. Bambang Dwi Wahyudi menyampaikan salam dan penghargaan kepada pengurus Keluarga Alumni Fakultas MIPA UNS. Ada segudang harapan yang di percayakan kepada Ketua Umum IKA FMIPA, Imam Bustomi yang saat ini juga menjabat sebagai Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN.

Karena kesibukkanya, Imam Bustomi tidak bisa hadir di Aula Gedung C FMIPA, namun tetap mengikuti prosesi pelantikan dari awal hingga usai melalui aplikasi zoom meeting.

“Alumni Fakultas MIPA saat ini banyak yang menduduki jabatan strategis di pemerintahan, BUMN maupun dibidang swasta. Salah satu almuni FMIPA yang berkarya diluar negeri patut kita acungi jempol karena pertumbuhannya yang luar biasa,” ujar Drs. Bambang.

Drs. Bambang mengatakan bahwa saat ini jumlah alumni UNS tembus angka 200 ribu. Dari alumni sebanyak itu, IKA UNS memilki progam yang luar biasa dibawah naungan Yayasan Keluarga Alumni, yaitu menghimpun dana untuk bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang kesulitan dana dalam melanjutkan proses studinya.

“Doa dan dukungan sangat diperlukan agar keluarga alumni bisa tumbuh dan berkembang dengan baik salah satunya dengan cara membuka link alumni dan melakukan registrasi”, demikian pesan Drs. Bambang mengahiri sambutannya. [MnR/MIPA]