FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menyelenggarakan konferensi Internasional ICAMBF (Internatioanl Conferences on Advanced Materials for Better Future) yang keempat. Seminar Internasional ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 7-8 Oktober 2019 di Hotel Solo Paragon dengan mengangkat tema “Toward the core of innovation from nature-based material technology to improve human well-being”.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Yunus mewakili rektor ditandai dengan pemukulan Gong, didampingi oleh Dekan FMIPA dan ketua panitia, Prof. Ari Handono Ramelan.

Prof. Yunus mengapresiasi kegiatan seminar Internasional ini dan berharap bisa lebih meningkatkan kerjasama dengan luar negeri sehingga bisa meningkatkan nilai UNS di kancah internasional.

“diharapkan dari acara ini bisa menambah kerjasama luar negeri dan memberikan kontribusi positif untuk kesejahteraan manusia”, ujar Prof. Yunus.

Seminar menghadirkan enam orang pembicara utama dari lima negara, diantaranya adalahProf David Black (University of New South Wales, Australia), Prof. Dr. Bhagavathu Achari Muthuraaman (University of Madras Guindy, India), Prof. Nurul Taufiqu Rochman (Research center of material and metallurgy, Indonesian Institute of Science), Prof. Yuichi Sato (Akita University, Japan), Prof. Rahim Bin Sahar (Universiti Teknologi Malaysia) dan Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc. Ph.D (Universitas Sebelas Maret)

Prof. David Black dari University of New South Wales Australia ketika menyampaikan materi pada Seminar Internasional ICAMBF di Solo Paragon, Senin (7/10/2019)

Selain dihadri oleh para akademisi, seminar juga diikuti oleh peneliti, mahasiswa dan praktisi dari kalangan industry, dan lembaga berwenang yang terkait bidang materialuntuk mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya.

Disamping topik utama, ada beberapa topik yang disampaikan dalam seminar ini antara lain, Civil & Construction Materials, Materials Chemistry and Physic, Drug & Biomaterial Technology, Advanced Nanomaterials –Electrical Optical and Magentic materials- Advanced Materials for Energy, Polymer & Composite – Functional Materials, Metallurgy & Alloy Materials, and Miscellaneous.

Rencananya semua makalah yang dipresentasikan dan setelah melalui proses blind review akan diterbitkan pada IOP Conference: Materials Science and Engineering yang ter-index Scopus. [Mnr/MIPA]

Komentar

Shares