PATRICIA Gendong Mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Juara III LKTIN

Total
0
Shares

Mahasiswa prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS kembali mendapatkan prestasi yang membanggakan, kali ini giliran Devi Murdyaningsih berhasil memperoleh juara III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan oleh prodi Sejarah Peradaban Islam UIN Raden Intan Lampung. Lewat karyanya yang berjudul PATRICIA (Upacara Tradisi Mandhasiya) Dusun Pancot dan Potensinya sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Karanganyar, Devi ingin menyampaikan pada pembaca akan perlunya pelestarian destinasi budaya agar daerah tersebut tetap memiliki pesona yang diminati pengunjung.

“Lewat tulisan ini saya mencoba merangkum apa yang bisa saya amati setiap hari, di daerah Karanganyar tidak asing dengan upacara tradisi Mandhasiya. Upacara tersebut adalah wujud  interaksi manusia dengan alam, pengungkapan rasa syukur atas semesta yang telah memberikan banyak berkat bagi kehidupan manusia. Hal tersebut memacu seluruh masyarakat di daerah tersebut untuk sengkut nyengkuyung (ikut serta bersama) merawat dan menjaga lingkungan tersebut, terjaganya aspek estetika dan kebersihan pasti akan memancarkan pesona yang mampu memikat mata para pengunjung”jelas Devi.

Resep utama mahasiswa kelahiran Karanganyar ini sehingga karya tulisnya mampu dilirik oleh juri adalah menggambil tema yang relevan, riil, dan wujudnya tindakannya dapat dilakukan masyarakaat saat ini. “Sebenarnya tidak ada resep khusus, tapi yang perlu diperhatikan adalah aspek relevansi, wujud kebenaran suatu pengamatan yang akan dituangkan dalam tulisan, kemudian yang terakhir adalah aplikasi yang dapat dilakukan bersama saat ini, percuma jika tulisan dan gagasan kita baik namun tidak ada tindak lanjut nyata yang dapat dilakukan” ungkapnya.

 LKTIN 2021 UIN Raden Intan Lampung ini mengusung tema Sejarah Desa, dengan jumlah peserta sebanyak 100 mahasiswa dari berbagai universitas seluruh Indonesia. Kompetisi ini semua prosesnya meliputi pendaftaran, pengumpulan karya, presentasi, dan pengumuman dilakukan secara daring melalui media sosial UIN Raden Intan, adapun agenda perlombaan selama dua minggu (2-17/02/2021) dimulai proses pendaftaran sekaligus pengumpulan karya, kemudian akan dipilih sepuluh artikel terbaik yang akan dinilai kemantapan karya tulisnya melalui presentasi pada Rabu (3/03/2021). Pada hari yang sama juga akan diumumkan hasil juaranya. (Rensi)

 

Sumber: https://fib.uns.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like